Sabtu, 08 Mei 2021 19:40

Petrokimia Gresik Sabet Penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul

Jumat, 09 April 2021 18:44 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Petrokimia Gresik Sabet Penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul
Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat menerima penghargaan. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petrokimia Gresik, Perusahaan Solusi Agroindustri Anggota Holding Pupuk Indonesia meraih penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta Unggul untuk Anak Perusahaan BUMN dalam ajang nasional Anugerah BUMN 2021 Tahun ke-10 di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyatakan bahwa pengembangan talenta adalah keniscayaan bagi Petrokimia Gresik, karena masa depan perusahaan ada di tangan generasi milenial yang jumlahnya saat ini melebihi 60 persen dari total karyawan di perusahaan.

"Peningkatan jumlah talent milenial yang duduk di posisi grade I dan II perusahaan merupakan salah satu hasil nyata dari keberhasilan program pengembangan talenta di Petrokimia Gresik," ujarnya.

Keberhasilan lain yang dirasakan Petrokimia Gresik dalam bidang pengembangan talenta adalah peningkatan hasil asesmen, penurunan gap kompetensi, succession plan yang baik, serta hasil survei kepuasan karyawan dan keterikatan karyawan yang meningkat.

BACA JUGA : 

Petrokimia Gelontorkan Bantuan Rp1,1 Miliar untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

Kirim 7.000 Liter ke Jambi, Green Surfactant Petrokimia Gresik Jadi Incaran Industri Migas

Petrokimia Gresik Teken Kerja Sama Penyediaan Pupuk dengan PTPN X

Petrokimia Gresik Gandeng BRI Surabaya Sukseskan Program Agro Solution

Dwi Satriyo lebih jauh menjelaskan bahwa talenta unggul di Petrokimia Gresik dikembangkan melalui program Talent Management yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu identifikasi dan seleksi talent, pengembangan talent, serta evaluasi.

Penetapan talent didasarkan dari nilai potensi karyawan atau hasil asesmen 2 tahunan, nilai performance (rata-rata nilai KPI 2 tahun), hasil uji kelayakan, dan rapat komite talent.

Pengembangan talent dilakukan Petrokimia Gresik secara mandiri, di mana pembelajaran mandiri diberikan melalui platform corporate university, pelatihan/workshop, sertifikasi, tugas belajar termasuk ke berbagai perguruan tinggi terbaik di luar negeri, job enrichment, sharing knowledge, rotasi/mutasi, dan penugasan menjadi instruktur.

Dwi Satriyo menambahkan, wabah Covid-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret tahun 2020 lalu juga menuntut Petrokimia Gresik beradaptasi dalam program pengembangan talenta. "Untuk itu, di tahun 2020 kami meluncurkan modul digital learning agar program pembelajaran dalam rangka pengembangan talent tidak terganggu.

"Hal ini sekaligus sebagai upaya mendukung pemerintah memerangi Covid-19 melalui kebijakan physical distancing," jelasnya.

Adapun modul digital learning yang dirancang Petrokimia Gresik antara lain virtual reality training untuk kompetensi produksi dan pemeliharaan pabrik NPK melalui skenario pembelajaran virtual dengan desain sesuai kondisi nyata.

Kemudian, augmented reality safety induction yang merupakan sistem pembelajaran safety induction berbasis aplikasi mobile, dan enterprise university menjadi platform e-learning terintegrasi dengan fitur video interaktif dan kolaboratif yang melibatkan mentor karyawan dalam pembelajaran, serta 360 plant gour, menjadi pembelajaran digital tentang area dan fasilitas pabrik tanpa kunjungan ke lokasi.

Penghargaan Anugerah BUMN bukan pertama kalinya diraih oleh Petrokimia Gresik. Di tahun 2018, pada ajang yang sama, Petrokimia Gresik meraih Juara I Kategori Pengembangan Talenta Terbaik dan Kategori Inovasi Bisnis Terbaik di tahun 2019, Juara II Kategori Inovasi Teknologi BUMN Terbaik, serta di tahun 2020 Juara I Kategori Transformasi Organisasi Terbaik. Kemudian, Juara II Pengembangan SDM Unggul Terbaik.

"Selain menjadi bukti nyata pengakuan publik terhadap program dan kinerja perusahaan, penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi insan Petrokimia Gresik untuk terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam menghadirkan solusi agroindustri," pungkas Dwi Satriyo. (hud/zar)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...