Mensos Minta Pemkab Gresik Cepat Setorkan DTKS hingga 100 Persen, Mengapa?

Mensos Minta Pemkab Gresik Cepat Setorkan DTKS hingga 100 Persen, Mengapa? Mensos RI Tri Rismaharini bersama Bupati Gus Yani saat memberikan keterangan pers soal DTKS kemiskinan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini meminta Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Gresik agar secepatnya menyetorkan data terpadu kesejahteraan sosial () untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hingga 100 persen. Sebab, setelah Kemensos mencoret data KPM yang invalid, ternyata masih cukup banyak KPM yang belum disetorkan lagi ke Kemensos.

"Hingga kini, Kemensos belum bisa menindaklanjutinya," ujar Risma usai bertemu Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, di Pendopo Bupati Gresik, Sabtu (27/3/2021).

Menurut Risma, KPM Gresik yang masuk ke Kemensos RI baru 67 persen. Karenanya, dia minta agar data tersebut disempurnakan. Kalau ada tambahan usulan, Mensos tetap menyilakan untuk segera disampaikan.

Sementara untuk program pemberdayaan masyarakat, kata Risma masih akan dipetakan oleh Bupati Fandi Akhmad Yani dan jajarannya, terkait apa yang dibantu oleh Kemensos. Dikatakan Risma, untuk menyesuaikan data kemiskinan, bisa cukup lama. Karena harus sama dengan data kependudukan.

"Senin (29/3/2021) malam data sudah harus masuk. Kalau nanti belum, nanti saya akan kirim orang ke sini (Gresik) untuk bantu," kata mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini.

Disinggung soal angka kemiskinan di Kabupaten Gresik masih tinggi, mencapai di atas 12 persen, Risma tak mempermasalahkannya asalkan datanya valid. Ia kemudian menceritakan pengalamannya saat menjadi Wali Kota Surabaya dalam penanganan kemiskinan.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO