Jelang Imlek, Umat Tri Dharma di Sukomoro Nganjuk Lakukan Ritual Memandikan Dewa

Jelang Imlek, Umat Tri Dharma di Sukomoro Nganjuk Lakukan Ritual Memandikan Dewa Pengurus Klenteng saat melakukan ritual memandikan dewa. (Soewandito/BangsaOnline.com)

NGANJUK (BangsaOnline) - Menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek 2566, Umat Tri Dharma mulai beraktifitas dengan membersihkan patung-patung Dewa. Seperti yang dilakukan pengurus Klenteng Hok Yoe Kiong, Desa/Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk,

Hal ini sudah menjadi tradisi bagi umat Tri Dharma di Klenteng Hok Yoe Kiong, yang ada di jalan raya Surabaya-Nganjuk ini. Ini merupakan persiapan untuk menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2566, yang jatuh pada tanggal 19 pebruari 2015.

Kegiatan lain yang juga sakral bagi umat Tri Dharma adalah memberi sesembahan utama pada Patung Kong Tiek Tjoen Ong, Patung Budha dan Patung Dewi Kwan Im.

Ditemui dilokasi, Teguh Susilo, Ketua Pengurus Klenteng Hok Yoe Kiong mengatakan bahwa tradisi memandikan dewa ini dilakukan setiap satu minggu sebelum Tahun Baru Imlek 2566.

“Kami memandikan para dewa sebelum ada acara ritual dalam mengantarkan roh suci para dewa ke kahyangan,” ungkapnya.

"Pemandian dewa ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk meraih rizki dan kesehatan. Harapan kami, agar di Tahun Kambing mendatang kami lebih di beri berkah lagi,” i mbuhnya.

Setelah melakukan persiapan tersebut, umat Tri Dharma Kabupaten Nganjuk yang berjumlah ratusan orang ini, siap menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2566 di Klenteng Hok Yoe Kiong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO