Jumat, 07 Mei 2021 23:07

Bersama "Mbah Bejo", Kapolresta Sidoarjo Beri Edukasi 5M di Pasar Porong

Jumat, 05 Februari 2021 16:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy Erlambang
Bersama "Mbah Bejo", Kapolresta Sidoarjo Beri Edukasi 5M di Pasar Porong
Kapolresta Sidoarjo bersama Mbah Bejo berikut punakawannya turun ke Pasar Porong, sosialisasikan protokol kesehatan 5M.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sosok "Mbah Bejo" yang datang bersama pasukan punakawannya di Pasar Porong, Sidoarjo, Jumat (5/2/2021) siang, mengejutkan pedagang pasar dan masyarakat yang berbelanja.

Mereka datang menghampiri lapak-lapak pedagang untuk mengedukasi disiplin protokol kesehatan 5M, guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji beserta staf dan jajarannya juga turut menyosialisasikan penerapan 5M di tengah geliat perekonomian Pasar Porong.

Bersama Kombes Pol Sumardji, Mbah Bejo membagikan masker dan menempelkan stiker imbauan memakai masker di lapak-lapak pedagang, becak hingga kendaraan box pedagang.

BACA JUGA : 

50 Pemudik Disuruh Putar Balik di Pos Penyekatan Sidoarjo

​Dikira Petasan, Penembakan Misterius di Waru Sidoarjo Lubangi Tembok hingga Tembus Motor

Penyekatan di Perbatasan Sidoarjo Dimulai, 37 Kendaraan Disuruh Putar Balik

Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Pos Penyekatan Exit Tol Tambak Sumur Waru

“Jangan ada yang takut, semua akan beres ada Mbah Bejo. Asal tetap mematuhi protokol kesehatan 5M. Kita aman dari virus Corona,” sapa Mbah Bejo dan beberapa punakawannya kepada para pedagang dan masyarakat di Pasar Porong.

Sulastri, salah satu pedagang sayur di Pasar Porong mengaku terkejut namun terhibur dengan hadirnya rombongan Kapolresta Sidoarjo beserta Mbah Bejo juga 'pasukannya'. 

“Terima kasih telah mengajari kami tentang memakai masker. Patuh peraturan 5M dapat terhindar virus Corona,” ujar Sulastri.

Rupanya, tokoh utama di balik sosok Mbah Bejo itu ternyata diperankan oleh Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistyono. Perwira berpostur tinggi besar yang kesehariannya sangat tegas ini memerankan tokoh Mbah Bejo dengan sangat jenaka dan menghibur masyarakat.

Mbah Bejo mengambarkan seorang tokoh tradisi Jawa yang sakti mandraguna. Ia punya senjata pamungkas 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak satu dengan lainnya, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Di lokasi, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengatakan, pihaknya bersama TNI serta instansi lain tidak hanya masif melakukan operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Melainkan juga masif mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi gerakan 5M.

“Seperti yang dilakukan Satlantas Polresta Sidoarjo kali ini mempunyai cara unik mengedukasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yaitu dengan membuat tokoh Mbah Bejo beserta punakawannya yang mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan,” jelas Kombes Pol. Sumardji.(cat/ian)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...