Rabu, 21 April 2021 05:05

Kunjungan ke Gresik, Ketua KPU RI Pastikan Sirekap Gangguan Teknis, Bukan 'Diganggu'

Sabtu, 12 Desember 2020 21:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kunjungan ke Gresik, Ketua KPU RI Pastikan Sirekap Gangguan Teknis, Bukan
Ketua KPU RI, Arief Budiman (dua dari kanan) ketika melihat rekapitulasi suara Pilkada Gresik 2020 menggunakan aplikasi Sirekap. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Trobelnya server aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapat atensi KPU RI. Sabtu (12/12/2020), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman berkunjung ke Kabupaten Gresik untuk melihat langsung proses rekapitulasi di tingkat kecamatan (PPK) menggunakan Sirekap.

Di antara PPK yang dikunjungi Arief Budiman adalah Kecamatan Kebomas dan Manyar, lantaran dekat dengan Surabaya.

Dalam kunjungannya, Arief memastikan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan terus berjalan. Ia juga menegaskan gangguan yang terjadi pada sistem Sirekap murni karena gangguan teknis, meski saat ini terus berjalan.

"Sirekap mengalami gangguan, bukan diganggu. Sepenuhnya problem teknis. Sepenuhnya masuk bersama, bergerak bersama. Sebenarnya ini sudah diantisipasi," ungkapnya.

BACA JUGA : 

KPU Gresik Sabet Juara Umum Kedua Penghargaan Terbanyak Pilkada 2020

KPU Gresik Sabet Dua Penghargaan dari KPU Jatim

Forkopimda, Kepala OPD, hingga Pimpinan Parpol di Gresik Ikuti Pelantikan Virtual Gus Yani-Bu Min

Digelar 26 Februari, Tempat Pelantikan Gus Yani-Bu Min Tunggu Hasil Rapat dengan Gubernur

Menurutnya, saat dilakukan simulasi atau uji coba bersama semua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Sirekap tidak mengalami gangguan semacam ini.

"Itulah teknologi informasi, tiba-tiba ada hal muncul di luar perkiraan kita. Progres Sirekap terus naik, trennya positif, artinya tidak ada kendala seperti awal-awal pemungutan suara itu," bebernya.

Hingga saat ini, ungkap Arief, data yang sudah masuk di Sirekap sudah 201 ribu tempat pemungutan suara (TPS).

"Hari ini jauh lebih banyak, apalagi problem jauh lebih sedikit, artinya kadang-kadang saja. Kalau trafiknya banyak agak melambat. Memang kalau antrean banyak disuruh mengulangi lagi, kadang operator kita tidak sabar, disuruh antre tidak mau, dicoba masuk-masuk," terangnya.

Arief menjelaskan, bahwa tujuan utama penggunaan Sirekap adalah agar penghitungan yang dilakukan KPU lebih transparans, karena bisa diakses dengan mudah oleh semua masyarakat.

"Kalau data sekarang muncul, tidak boleh diambil kesimpulan apapun. Si A menang, Si B kalah, tidak boleh. Harus tuntas dulu, baru dijadikan pedoman," tegasnya.

Disinggung mengenai pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19, Arif bersyukur bisa berjalan lancar. Selain itu, kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan juga sangat tinggi.

"Untuk tingkat kepatuhan dari rilis Satgas Covid-19 96 persen. Partisipasi juga cukup tinggi. Gresik diperkirakan partisipasi mencapai 80 persen," pungkasnya.

Sementara berdasarkan data pilkada2020.kpu.go.id hingga Sabtu (12/12/2020) pukul 18.15 WIB, Pasangan Cabup-Cawabup Gresik No. 2 Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Niat) masih unggul dengan perolehan 303.452 suara atau 50,9 persen.

Sementara Paslon Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA) mendapat 293.222 suara atau 49,1 persen. Data ini berasal dari 1.860 TPS yang sudah masuk, dari total 2.267 TPS yang ada di Kabupaten Gresik. (hud/rev)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...