Kunjungan ke Gresik, Ketua KPU RI Pastikan Sirekap Gangguan Teknis, Bukan 'Diganggu'

Kunjungan ke Gresik, Ketua KPU RI Pastikan Sirekap Gangguan Teknis, Bukan Ketua KPU RI, Arief Budiman (dua dari kanan) ketika melihat rekapitulasi suara Pilkada Gresik 2020 menggunakan aplikasi Sirekap. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Trobelnya server aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapat atensi RI. Sabtu (12/12/2020), Ketua Komisi Pemilihan Umum () RI, Arief Budiman berkunjung ke Kabupaten Gresik untuk melihat langsung proses rekapitulasi di tingkat kecamatan (PPK) menggunakan Sirekap.

Di antara PPK yang dikunjungi Arief Budiman adalah Kecamatan Kebomas dan Manyar, lantaran dekat dengan Surabaya.

Dalam kunjungannya, Arief memastikan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan terus berjalan. Ia juga menegaskan gangguan yang terjadi pada sistem Sirekap murni karena gangguan teknis, meski saat ini terus berjalan.

"Sirekap mengalami gangguan, bukan diganggu. Sepenuhnya problem teknis. Sepenuhnya masuk bersama, bergerak bersama. Sebenarnya ini sudah diantisipasi," ungkapnya.

Menurutnya, saat dilakukan simulasi atau uji coba bersama semua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Sirekap tidak mengalami gangguan semacam ini.

"Itulah teknologi informasi, tiba-tiba ada hal muncul di luar perkiraan kita. Progres Sirekap terus naik, trennya positif, artinya tidak ada kendala seperti awal-awal pemungutan suara itu," bebernya.

Hingga saat ini, ungkap Arief, data yang sudah masuk di Sirekap sudah 201 ribu tempat pemungutan suara (TPS).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO