Mobil Terseret Banjir di Jabar ditulis terjadi di Sampang, Ini Kata Gubernur Khofifah

Mobil Terseret Banjir di Jabar ditulis terjadi di Sampang, Ini Kata Gubernur Khofifah Tangkapan layar video banjir yang ditulis: "Banjir hari ini di Sampang , kawan". Pada awal video juga ada tulisan: “Sampang kota ke arah nyamplong.” Padahal banjir ini terjadi di Jawa Barat tahun 2019.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para buzzer benar-benar raja tega. Mereka tampak tak rela jika masyarakat Madura,  Jawa Timur,  damai, tenteram, dan sejahtera. Buktinya, mereka kembali menyerang masyarakat Madura Jatim yang terkenal religius itu dengan hoax. Mereka meviralkan video banjir di Jawa Barat tahun 2019 seolah terjadi Madura.

Dalam video itu tampak banjir besar. Sedemikian besar sampai beberapa mobil hanyut dan terseret banjir. “Info banjir hari Ini di , kawan,” demikian salah satu tulisan di video itu.

Pada awal video juga ada tulisan: “ kota ke arah nyamplong,”

(Banjir ini terjadi di pada 2017. Tapi kini disebar oleh orang-orang tak bertanggungjawab seolah terjadi sekarang)

Video dan narasinya memang sangat meyakinkan. Banjir itu seolah-olah terjadi di . Tapi bagi orang yang cermat sejatinya bisa segera mengetahui kalau video itu hoax. Sebab percakapan orang-orang dalam rekaman video itu berbahasa Indonesia dengan dialek Jawa Barat. Misalnya seorang perempuan memanggil bang. Begitu juga pakaian orang-orang yang terekam dalam video tersebut. Bukan orang Madura.

Selain video tersebut, juga beredar video lain yang juga rekaman banjir. Dalam video itu seseorang berkoas kuning berada di tengah banjir. Ternyata video ini rekaman banjir di tahun 2017.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO