Rabu, 21 April 2021 15:39

​Indonesia-Belanda Komitmen Membuka Peluang Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian

Rabu, 25 November 2020 18:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Indonesia-Belanda Komitmen Membuka Peluang Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian
Pembukaan Winner 2020 secara daring, dihadiri oleh Bambang Brodjonegoro Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi dan Ingrid van Engelshoven Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Indonesia ke penelitian Belanda. Selain juga membuka peluang pendidikan serta kerja sama beasiswa.

Pernyataan itu disampaikan Bambang usai membuka WINNER secara daring, Selasa (24/11/2020). Menurut Bambang, WINNER adalah sebuah acara yang akan memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia. Selain itu, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara, dan membentuk kolaborasi baru.

"WINNER menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk dapat terus melakukan kerja sama di masa yang akan datang," kata Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu, Ingrid van Engelshoven, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda menyatakan komitmen pihaknya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia. Pihaknya juga akan membuka kesempatan pendidikan serta kerja sama beasiswa untuk mahasiswa Indonesia di Belanda.

BACA JUGA : 

Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi

Survei SMRC Mengejutkan! 11% Takut Laksanakan Ajaran Agama, 39% Takut Bicara Politik

​Putus Praktik Korup Politikus, RR Usulkan Parpol Dibiayai Negara

​Tantangan Pendidikan, Digitalisasi dan Ancaman 51, 8 % Potensi Pekerjaan Hilang

Ia menambahkan, pelaksanaan WINNER yang pertama ini akan memiliki fokus khusus tentang bagaimana Indonesia dan Belanda dapat belajar dan saling mendukung dalam kolaborasi sains dan pendidikan untuk mengatasi krisis Covid-19.

"Saya mengajak mahasiswa untuk belajar bersama, bertukar pikiran bersama agar Belanda dan Indonesia dapat menjadi pemenang dalam persaingan global. Perkembangan pesat di Indonesia sangat mengesankan dan kami (Belanda) ingin menjadi bagian dari perkembangan ini," kata Ingrid.

Perlu diketahui, WINNER adalah acara rutin tahunan. WINNER 2020 kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan, berlangsung pada 24-26 November 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh NWO-KNAW-NUFFIC NESO Indonesia-LIPI-ALMI-Kedutaan Besar Belanda di Indonesia. (mdr/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...