Selasa, 26 Januari 2021 19:27

​Indonesia-Belanda Komitmen Membuka Peluang Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian

Rabu, 25 November 2020 18:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Indonesia-Belanda Komitmen Membuka Peluang Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian
Pembukaan Winner 2020 secara daring, dihadiri oleh Bambang Brodjonegoro Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi dan Ingrid van Engelshoven Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Koordinator Badan Riset dan Inovasi menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Indonesia ke penelitian Belanda. Selain juga membuka peluang pendidikan serta kerja sama beasiswa.

Pernyataan itu disampaikan Bambang usai membuka WINNER secara daring, Selasa (24/11/2020). Menurut Bambang, WINNER adalah sebuah acara yang akan memberikan kesempatan untuk merefleksikan sejarah panjang kolaborasi Belanda-Indonesia. Selain itu, mengidentifikasi prioritas bersama, memperdalam hubungan antara kedua negara, dan membentuk kolaborasi baru.

"WINNER menjadi sebuah momentum bagi kedua negara untuk dapat terus melakukan kerja sama di masa yang akan datang," kata Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu, Ingrid van Engelshoven, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda menyatakan komitmen pihaknya untuk memfasilitasi dan memperluas akses institusi pendidikan tinggi Belanda ke penelitian Indonesia. Pihaknya juga akan membuka kesempatan pendidikan serta kerja sama beasiswa untuk mahasiswa Indonesia di Belanda.

Ia menambahkan, pelaksanaan WINNER yang pertama ini akan memiliki fokus khusus tentang bagaimana Indonesia dan Belanda dapat belajar dan saling mendukung dalam kolaborasi sains dan pendidikan untuk mengatasi krisis Covid-19.

"Saya mengajak mahasiswa untuk belajar bersama, bertukar pikiran bersama agar Belanda dan Indonesia dapat menjadi pemenang dalam persaingan global. Perkembangan pesat di Indonesia sangat mengesankan dan kami (Belanda) ingin menjadi bagian dari perkembangan ini," kata Ingrid.

Perlu diketahui, WINNER adalah acara rutin tahunan. WINNER 2020 kali ini merupakan yang pertama diselenggarakan, berlangsung pada 24-26 November 2020. Kegiatan ini diselenggarakan oleh NWO-KNAW-NUFFIC NESO Indonesia-LIPI-ALMI-Kedutaan Besar Belanda di Indonesia. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...