Senin, 10 Mei 2021 06:11

MA Putus Bebas, Pengacara Minta Bupati Kembalikan Jabatan AHW Sebagai Sekda Gresik

Rabu, 11 November 2020 19:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
MA Putus Bebas, Pengacara Minta Bupati Kembalikan Jabatan AHW Sebagai Sekda Gresik
Andhy Hendro Wijaya, Sekda Gresik Nonaktif.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mahkamah Agung (MA) menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Surabaya yang membebaskan Sekda Gresik (nonaktif) Andhy Hendro Wijaya (AHW) dari segala dakwaan.

Putusan bebas MA terhadap AHW ini, sekaligus menolak kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gresik terhadap putusan Majelis Hakim PN Tipikor Surabaya dengan terdakwa Andhy Hendro Wijaya.

Sebelumnya, AHW diajukan ke persidangan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gresik atas dakwaan dugaan korupsi pemotongan insentif pajak pegawai di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik.

Namun dakwaan itu tidak terbukti dalam persidangan di PN Tipikor Surabaya. Hakim memutus AHW bebas.

BACA JUGA : 

Isi Kekosongan Jabatan, Nuri Mardiana Ditunjuk jadi Plt Kepala BPPKAD Gresik

Hingga Bulan Mei, PAD di BPPKAD Gresik Baru Tercapai 24 Persen

Lelang Sekda Gresik Tunggu Restu Mendagri, Ini Pejabat yang Berpeluang

Pemkab Gresik Minta Izin Mendagri, Isi Jabatan Sekda dan Kepala BPPKAD

JPU kemudian mengajukan kasasi ke MA. Namun kasasi itu kandas seiring putusan MA yang menguatkan putusan majelis hakim PN Tipikor Surabaya.

Informasi putusan tersebut diunggah di Website Mahkamah Agung (MA) pada Senin (9/11/2020) lalu.

Dengan putusan MA yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) tersebut, jalan AHW untuk aktif kembali menjadi Sekda Gresik terbuka lebar.

Saat dikonfirmasi wartawan AHW mengaku telah mendapat kabar atas putusan MA tersebut. Hanya, AHW menyarankan untuk menghubungi kuasa hukumnya, Hariyadi, S.H.

"Keterangan lebih lanjut, hubungi Pak Hariyadi, pengacara saya," ujarnya, Rabu ( 11/11/2020).

Sementara Hariyadi mengatakan, putusan MA tersebut membuktikan bahwa kliennya tidak melakukan dugaan tindak pidana seperti yang didakwakan, yaitu melakukan pemotongan dana insentif pegawai Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) pada 2018, silam.

"Dengan MA menolak kasasi JPU, maka hasil putusan pengadilan tingkat pertama yang diakui," katanya.

Untuk itu, Hariyadi meminta Bupati Sambari Halim Radianto mengembalikan jabatan Sekda Gresik kepada AHW. "Mengacu pada SK Bupati yang memberhentikan klien kami dari PNS, karena kini sudah inkracht, wajib diangkat kembali menjadi Sekda Gresik," pungkas Hariyadi.

Sekadar diketahui, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto membuat Surat Keputusan (SK) bernomor 884/04/437.73/Kep/2020 pada 25 Februari 2020.

Dalam SK tersebut, Andhy Hendro Wijaya (AHW) diberhentikan sementara sebagai PNS terhitung sejak 31 Januari 2020, setelah ditetapkan menjadi tersangka dugaan korupsi pemotongan jasa insentif pajak di BPPKAD Gresik. (hud/rev)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan---LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untuk memba...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...