Kerja Sama dengan Unusida, Bawaslu Sidoarjo Libatkan Mahasiswa Awasi Pilbup 2020

Kerja Sama dengan Unusida, Bawaslu Sidoarjo Libatkan Mahasiswa Awasi Pilbup 2020 TEKEN: Bawaslu Unusida menandatangani kerja sama pengawasan partisipatif Pilbup Sidoarjo 2020, di kampus Unusida, Jumat (18/9). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Keterbatasan personel tak menjadi penghalang bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo untuk memaksimalkan pengawasan terhadap jalannya Pilbup 2020.

Salah satu upaya Bawaslu Sidoarjo, menggandeng kalangan kampus untuk ikut berpartisipasi mengawasi pelaksanaan Pilbup 2020. Salah satunya Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).

Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang diteken oleh kedua belah pihak di sela acara Bawaslu Sidoarjo Goes To Campus, di Kampus Unusida, Jl Lingkar Timur Sidoarjo, Jumat (18/9).

Anggota Bawaslu Sidoarjo Feri Kuswanto mengatakan, meski memiliki jajaran personel mulai dari kabupaten, kecamatan, desa hingga TPS, namun jumlahnya tidak banyak. Maka Bawaslu perlu bekerja sama dengan kampus untuk melibatkan mahasiswanya agar bisa berperan sebagai pengawas partisipatif.

"Pelanggaran pemilu itu biasanya sering luput dari pengawasan kami karena keterbatasan jajaran. Maka kami butuh kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat, di antaranya kampus," cetus Feri yang juga Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi (Kordiv HDI) Bawaslu Sidoarjo.

(POLLING PILKADA SIDOARJO: Ayo Vote Cabup-Cawabup Pilihanmu)

Melalui kerja sama tersebut, kata Feri, Bawaslu berharap penyelenggaraan pemilu bisa berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan nantinya terpilih pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat dan bisa membangun Sidoarjo serta menyejahterakan masyarakat.

Rektor Unusida Dr Fatkul Anam, M.Si mengatakan, kerja sama bersama Bawaslu Sidoarjo itu, pihaknya berharap ada pembelajaran politik kepada mahasiswa Unusida, utamanya peran mahasiswa dalam mendukung pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil.

"Harapan kita bersama, nanti pelaksanaan Pilkada di Sidoarjo berjalan aman. Dan mahasiswa sebagai agen perubahan mempunyai peran yang sangat bagus dan baik di dalam ikut mensukseskan kegiatan Pilkada 2020," harap Fatkul Anam.

Ditegaskan Fatkul Anam, kerja sama dengan Bawaslu Sidoarjo tersebut bentuk pembelajaran politik bagi mahasiswa Unusida yang tidak hanya saat Pilkada, namun berlanjut pada event-event (program) berikutnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO