Jumat, 30 Oktober 2020 23:47

​LPSK RI Kecewa Atas Vonis Bebas Satu Terdakwa Kasus Pasar Manggisan Jember

Rabu, 16 September 2020 16:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Indrawan
​LPSK RI Kecewa Atas Vonis Bebas Satu Terdakwa Kasus Pasar Manggisan Jember
Ilustrasi. (by freepik).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI menyayangkan putusan majelis hakim yang memberikan hukuman berat kepada terdakwa Muhammad Fariz Nur Hidayat dan membebaskan Irawan Sugeng Widodo alias Dodik dari tuntutan jaksa penuntut umum.

Wakil Ketua LPSK RI, Susilaningtias mengatakan bahwa keputusan yang diambil oleh majelis hakim itu cukup memberatkan terlindung LPSK, yakni Fariz. Sebab, peran dari terdakwa sendiri adalah hanya pelaksana dan tidak bekerja sendiri.

"Tidak mungkin lah Fariz itu bekerja sendiri, apalagi berinisiatif sendiri dengan sikap tersebut. Sebab, pasti ada suruhan dari atasannya atau pimpinannya," ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Rabu (16/9/2020).

Ia menjelaskan, putusan itu memberatkan Fariz. Bahkan Fariz merasa kaget saat Dodik bisa dibebaskan. Sebab, Fariz sebelumnya sudah menyampaikan bahwa pimpinannya yang menerima uang tersebut. "Ya kami menyayangkan putusan dari majelis hakim, kenapa bisa dibebaskan Dodik alias pimpinannya itu," imbuhnya.

Ia menerangkan sikap LPSK ke depan, akan mendorong terdakwa Fariz untuk menempuh jalur banding dan LPSK nantinya akan mengeluarkan rekomendasi justice collaborator agar bisa mengurangi masa tahanan.

"Kami memberikan support dan pandangan kepada Fariz untuk mengajukan banding, kita siapkan rekomendasi untuk jadi justice collaborator," tuturnya.

Terlebih lagi, Susi-sapaannya menyampaikan, akan melakukan koordinasi dan berkirim surat dengan Komisi Yudisial (KY) agar proses putusannya bisa berjalan dengan adil jika dilakukan banding.

"Nantinya akan berkirim surat dan meminta pengawasan dari KY agar bisa bersikap adil dan on the track," ungkapnya.

Ia menambahkan, ke depan LPSK akan mendorong terdakwa Fariz jika mengambil langkah banding untuk bisa menjadi saksi pelaku yang bekerja sama. (jbr1/yud/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...