Rabu, 28 Oktober 2020 07:18

Perawat RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan Meninggal Terinfeksi Covid-19

Senin, 07 September 2020 19:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Perawat RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan Meninggal Terinfeksi Covid-19
Teman-teman sejawat di RSUD Slamet Martodirdjo memberikan penghormatan terakhir kepada Nufia Anggraeni saat akan dibawa ke TPU Jagalan, Kelurahan Paremon, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Seorang perawat perempuan di RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, Kabupaten Pamekasan, Madura, meninggal dunia karena positif terinfeksi Covid-19. Jenazah korban dimakamkan Minggu (06/09/20) malam. Sebelum dimakamkan, seluruh teman sejawat di rumah sakit memberikan penghormatan terakhir saat mobil jenazah menuju pemakaman.

Korban adalah Nufia Anggraeni (40 tahun), warga Kecamatan Kota Pamekasan yang merupakan tenaga kesehatan pertama di Pamekasan yang meninggal akibat Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat membenarkan, perawat yang meninggal karena terinfeksi Covid-19. Sebelumnya, korban sempat dirawat selama dua pekan di ruang isolasi RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo.

Hari pertama saat pasien ini dirawat di RSUD setempat, kata dia, kondisinya dalam keadaan sesak napas yang cukup berat. Sementara tiga hari sebelum dirawat di rumah sakit, korban juga sempat mengeluh batuk dan sesak napas.

Saat dilakukan pemeriksaan, ternyata perawat tersebut memiliki penyakit komorbid (penyakit bawaan), di antaranya kencing manis (diabetes), kelainan pembuluh darah, dan TBC paru. Begitu pula saat dilakukan swab spesimen, hasilnya keluar positif Covid-19.

"Adanya penyakit lain itu menjadi salah satu penyebab juga yang mengakibatkan perawat kami ini meninggal dunia," kata Syaiful Hidayat melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Senin (7/9/2020).

Dokter yang akrab disapa Syaiful ini juga mengaku tidak tahu dari mana perawat tersebut terpapar virus Corona. Namun ia menduga, perawat ini terpapar saat melakukan aktivitas di luar rumah atau saat melakukan perawatan pasien ketika di rumah sakit dan di luar rumah.

"Perawat kami yang meninggal ini bukan perawat yang menangani pasien Covid-19. Namun perawat penyakit umum," jelasnya.

Korban akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di ruang isolasi RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan pada Minggu (06/09/20) sekitar pukul 16.00 WIB. Jenazahnya dikebumikan di TPU Jagalan, Kelurahan Patemon, Pamekasan.

Syaiful mengimbau kepada masyarakat Pamekasan agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab wabah Covid-19 ini masih belum berakhir. Ia juga meminta kepada masyarakat Pamekasan agar selalu memakai masker dan menghindari kerumunan.

"Ini baru pertama tenaga kesehatan kami yang meninggal karena terinfeksi Covid-19. Semoga tidak ada lagi," harapnya. (yen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...