Anggota DPRD Bangkalan Dorong Pemkab Alokasikan Anggaran untuk Ponpes

Anggota DPRD Bangkalan Dorong Pemkab Alokasikan Anggaran untuk Ponpes Agus Suwito dan Suyitno bersama KH Linul Qolbih Hamzah, Pengasuh Pondok Pesantren Al Muhajirin Hidayatullah saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2020, Senin (17/8/2020).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Anggota Komisi A  Agus Suwito meminta Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk lebih memperhatikan keberlangsungan pendidikan di lingkungan pondok pesantren.

Hal itu diungkapkannya setelah mengikuti upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren Hidayatullah Al Muhajirin, Senin (17/7/202).

Menurutnya, Kemerdekaan Indonesia ini tidak lepas dari perjuangan para ulama dan santri. "Oleh sebab itu, perlunya perhatian dari pemerintah untuk para santri. Seperti halnya anggaran dana di lingkungan pondok pesantren. Dengan harapan, pendidikan formal dan non formal dapat berdiri seimbang," ujarnya.

Bantuan tersebut dapat berupa alokasi anggaran untuk kemajuan infrastruktur di pondok pesantren. Apalagi sejak tahun 2019, pemerintah sudah menetapkan Undang-Undang Pesantren.

"Undang-undang pesantren sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan pemkab hingga saat ini belum pernah membahas. Jadi kami harap Pemerintah Kabupaten Bangkalan segera menjemput bola agar Undang-Undang tersebut dapat segera diimplementasikan di lingkungan pondok yang ada di Bangkalan," ujarnya.

Senada dengan Agus Suwito, Wakil Ketua Komisi C Suyitno mengatakan bahwa semangat para santri memang perlu untuk diapresiasi.

"Terlihat dari semangat dan antusias santri dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka semangat untuk melakukan upacara bendera, walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Itu membuat saya pribadi terharu dengan semangat para santri ini," ungkapnya.

"Ini menjadi sebuah momentum, dan hal ini menunjukkan rasa cinta para santri terhadap NKRI sangat tinggi," pungkasnya. (ida/uzi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO