Selasa, 15 Juni 2021 03:22

EPPI Gandeng Pegiat Lingkungan Kediri Bersih-bersih Sampah Sungai Mantren

Minggu, 26 Juli 2020 20:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
EPPI Gandeng Pegiat Lingkungan Kediri Bersih-bersih Sampah Sungai Mantren
Sampah yang menumpuk di pinggir sungai hasil pembersihan para relawan lingkungan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah para pegiat lingkungan untuk terus bergerak. Seperti yang sudah dilakukan oleh sejumlah komunitas peduli lingkungan di Kabupaten Kediri.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mereka berkolaborasi membersihkan sampah di Sungai Mantren/Sungai Bok Rante di Desa Wates, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang panjangnya kurang lebih sejauh 1 km ini. 

Ke depan, gabungan komunitas yang dimotori oleh EPPI (Eks Pramuka Putra Putri Indonesia) tersebut akan melakukan giat bersama membersihkan Sungai Mantren dari hulu sampai hilir.

Koordinator EPPI Beny Prasetya menjelaskan bahwa giat bersih-bersih sampah di sungai tersebut akan dilakukannya bersama lintas komunitas sampai bulan Desember 2020 ini. 

BACA JUGA : 

Komisi C DPRD Ponorogo Kunker ke Kabupaten Kediri, Ajak ARPL Diskusi Soal Lingkungan Hidup

Peringati Hari Sepeda se-Dunia, Kosti Kediri Gelar Ngonthel Bareng dan Kampanye Tertib Lalu Lintas

Usai Gelar Aksi Peduli Palestina, PUI Laporkan Uang Donasi ke Dinsos Kota Kediri

ACT Kediri dan Lintas Komunitas Deklarasikan Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina

"Ke depan, impian Kami adalah sungai-sungai di Kediri ini bisa bersih dan bening kembali. Kami akan mengajak seluruh pegiat lingkungan khususnya di Kediri, untuk bersama-sama membersihkan sampah di sungai ini," kata Beny.

Menurut Beny, aksi di Kali Mantren di Desa Wates, Kecamatan Pagu, di-support penuh oleh Pemerintah Desa Wates dan Karang Taruna. Mereka sangat antusias ikut membantu mengangkat sampah dari dasar sungai. 

"Kami berterima kasih kepada Pemerintah Desa Wates dan Karang Taruna Desa Wates yang men-support penuh acara ini," ungkap Beny. 

Ditambahkan oleh Beny, EPPI nantinya akan menggandeng pemerintah desa di sepanjang Sungai Mantren dari hulu sampai hilir untuk memudahkan koordinasi.

Kades Wates Hadi Sutrisno mengaku senang dengan keterlibatan kawan-kawan lintas komunitas yang bersama-sama ikut membersihkan sampah di Kali Mantren yang melintas di desanya. 

"Kami mewakili Pemerintah Desa Wates, mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan lintas komunitas yang peduli dengan sampah yang ada di Desa Kami," kata Hadi.

Sementara itu, Camat Pagu M. Imron, yang hadir dalam acara bersih-bersih itu sangat mengapresiasi dan mendukung penuh adanya kegiatan bersih-bersih sampah di sungai yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Wates dan kawan-kawan lintas komunitas peduli lingkungan. 

"Bila lingkungan bersih, lingkungan sehat, tentunya akan membawa hidup ini juga akan menjadi lebih sehat," ujar M. Imron.

Beberapa komunitas peduli lingkungan yang terlibat aksi bersih-bersih sampah di Sungai Mantren antara lain, Wild Water Indonesia, Front Pembela Hutan, Gerakan Nasional Donor Pohon, Forum Kediri Hijau, Lepen Bendo Adventure Mojolegi, Saka Wana Bhakti, Komunitas Lingkungan Canggu, Badas, Komunitas Mancing Kras, Laskar Indonesia Hijau, dan Tim Saber Sampah Kediri Raya. (uji/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...