Jumat, 14 Agustus 2020 17:33

Wanti-wanti Bahaya Covid-19, Wabup dan Kapolresta Sidoarjo Bagikan 10 Ribu Masker

Minggu, 28 Juni 2020 17:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Wanti-wanti Bahaya Covid-19, Wabup dan Kapolresta Sidoarjo Bagikan 10 Ribu Masker
Wabup Nur Ahmad dan Kombes Pol Sumardji sedang membagikan masker kepada para penumpang bus di Terminal Bungurasih.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kita ini masih dalam bahaya Covid-19. Meski sudah masuk masa transisi new normal, pandemi Covid-19 belum berakhir. Jumlah warga yang terpapar terus bertambah, bahkan tujuh rumah sakit rujukan yang ada di Sidoarjo sudah tidak mampu lagi menampung pasien.

Demikian ungkapan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin di sela membagikan masker ke penumpang bus di Terminal Purabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Minggu (28/6/2020).

Ungkapan itu disampaikan Cak Nur, panggilan Nur Ahmad Syaifuddin, untuk mengingatkan warga supaya tidak euforia berlebihan di masa transisi ini. Supaya tetap menjalankan protokol kesehatan dalam semua aktivitas.

“Kita boleh melakukan kegiatan apa saja, beraktivitas apa saja, asalkan tetap menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan dengan sabun, dan tetap menjaga kesehatan,” cetus Nur Ahmad.

Jika masyarakat terlalu euforia dengan kondisi ini dan mengabaikan protokol kesehatan, disebutnya, penyebaran Covid-19 di Kota Delta akan terus berlanjut. Bahkan, bisa lebih parah, dengan jumlah korban yang berjatuhan juga bakal semakin banyak.

Sekarang ini saja, setelah pemerintah semakin agresif melakukan rapid test dan swab test, jumlah pasien Covid-19 di Sidoarjo mengalami peningkatan yang luar biasa. Sampai-sampai, tujuh rumah sakit rujukan yang ada, semuanya sudah penuh.

Bahkan dari data yang ada, rumah sakit sudah overload. Sampai ada sekitar 40 orang pasien Covid-19 Sidoarjo yang saat ini menjalani perawatan di ruang IGD RSUD Sidoarjo karena ruang isolasi khusus (RIK) sudah penuh.

“Rumah sakit kita sudah penuh, RIK sudah penuh bahkan IGD kita sudah penuh 40 orang yang kena Covid-19 ini,” terang Nur Ahmad.

Melihat kondisi itu, berulang kali pihaknya meminta masyarakat untuk lebih peduli. Tetap menjalankan protokol kesehatan agar tidak ikut terpapar Corona.

“Mari, keleluasaan yang telah diberikan Pemerintah untuk beraktivitas ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Jangan fleksibilitas ini justru digunakan yang tidak-tidak dan melanggar protokol kesehatan. Ini sangat penting sekali, kalau kita sudah lengah maka bisa terjadi keadaan yang tidak kita inginkan,” urainya.

Dalam kesempatan ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo membagikan sekitar 10 ribu masker di kawasan Bungurasih. Jika ditotal semua, selama pandemi ini sudah lebih dari 2 juta masker dibagikan ke masyarakat.

Senada dengan wabup, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menambahkan, berulangkali disampaikan bahwa kondisi saat ini masih belum aman. Sidoarjo masih dalam zona merah penyebaran Covid-19. Penyebaran terus terjadi dan warga yang terpapar juga terus bertambah dari hari ke hari.

“Upaya untuk mendisiplinkan masyarakat terus kita lakukan. Hampir setiap hari dan sepanjang waktu. Di tempat keramaian seperti di alun-alun, mal, pasar, dan sebagainya terus kita lakukan. Tapi seperti kita ketahui, masih saja ada saudara-saudara kita yang mengabaikan itu,” tambah Kombes Pol Sumardji. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...