Sabtu, 19 September 2020 15:33

​Budidaya Ikan Cupang Ketami, Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 19 Juni 2020 15:10 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
​Budidaya Ikan Cupang Ketami, Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19
Kolam ikan cupang milik Kelompok Budidaya Ikan Mina Maju, Kelurahan Ketami.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Budidaya Ikan Cupang ternyata juga merasakan imbas dari pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir ini. Guna menyiasati agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi ini, pembudidaya ikan cupang di sentra ikan cupang di Kelurahan Ketami Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, memanfaatkan medsos dan media online, untuk memasarkan hewan berinsang itu.

Salah satunya Santoso, pemilik kolam budidaya ikan cupang di Kelurahan Ketami. Ia bersama teman-teman yang lain meng-upload gambar-gambar ikan cupang di media sosial yang dimilikinya.

“Saya memanfaatkan medsos untuk menjual ikan-ikan cupang saya. Mau gimana lagi, penjualan langsung sementara belum bisa terlalu diharapkan,” ujar Santoso, Jumat (19/6).

Pembudidaya ikan sekaligus anggota Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) Mina Maju ini mengatakan, dampak pandemi corona tidak hanya dirasakan oleh satu dua orang saja, tapi semua pembudidaya merasakan.

“Lumpuh total. Untuk ikan jenis half moon atau serit tribal penjualannya menurun drastis,” ungkap Waluyo, salah satu pembudidaya ikan cupang yang juga tergabung dalam Pokdakan Karya Mina.

Karena penjualan menurun, otomatis omzet para pembudidaya ikan cupang di Kelurahan Ketami juga menurun. Pasalnya, untuk ikan cupang jenis ini penjualan mayoritas didapatkan dari sekolah-sekolah dasar. Sedangkan saat ini, seluruh sekolah sedang diliburkan.

Kendati demikian, mereka tidak begitu saja menyerah pada keadaan. Berkat keuletan dan kegigihan mereka, beberapa terobosan dilancarkan, seperti melakukan pemasaran secara online dengan memanfaatkan media sosial facebook.

“Menyiasati situasi ini, kami banyak melakukan penjualan ikan cupang secara online. Namun untuk jenis ikan tertentu saja, seperti jenis warna. Sebab, untuk jenis itu mayoritas peminat adalah kalangan dewasa, jadi penjualan masih bisa terkendali,” imbuh Santoso.

Santoso mengaku sangat beruntung dengan adanya medsos, sehingga sangat membantu penjualannya. Meskipun tidak normal seratus persen penjualannya, tapi lumayan bisa jalan. Selain menggenjot penjualan melalui media daring, Santoso juga menggandeng para remaja di Kelurahan Ketami untuk menjadi semacam agen penjualannya.

“Karena tidak semua pembudidaya ikan cupang bisa memahami dan punya HP smart, jadi kami mencari cara lain, yaitu dengan kerja sama dengan para pemuda. Biasanya mereka mengambil ikan dari kami, dan mereka yang memasarkan, kami menjadi penyedia. Memang tidak banyak, tapi terus saja ada,” pungas Santoso seraya berharap pandemi segera berlalu, dan roda perekonomiannya yang bergantung pada cupang dapat kembali normal.

Sementara itu Lurah Ketami F. Yeriastika mengatakan, pihak Kelurahan sangat mendukung perkembangan para pembudidaya ikan cupang. Menurut Yeriasrika, pihaknya juga membantu lewat kegiatan musrenbang dengan menjadikan budidaya cupang ini sebagai prioritas pembahasan.

"Selama ini juga ada bantuan dari Pemkot Kediri kepada para kelompok budidaya ikan cupang di Ketami. Selain itu, bila ada event pameran produk unggulan Kediri, Kelurahan selalu memberikan fasilitas kelompok ikan cupang ketami untuk tampil dan memamerkan produk-produk unggulannya. Kami juga memfasilitasi bantuan ke tingkat propinsi lewat program jasmas DPRD provinsi," pungkasnya. (uji/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 19 September 2020 12:59 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Royal Singosari Hospitality merupakan operator hotel lokal yang memiliki 5 (lima) hotel tersebar di 3 (tiga) kota besar yaitu Bali, Surabaya dan Lombok.Telah sukses dengan Brand Royal Singosari pada 3 hotel yang sudah bero...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...