Kota Delta Siap New Normal, Masa Transisi Berjalan 14 Hari

Kota Delta Siap New Normal, Masa Transisi Berjalan 14 Hari Launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Senin (8/6/2020).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - "Sudah tiga kali, tiga ronde, menjalankan PSBB. Kini, saatnya transisi menuju ," ucap Plt. Bupati , Nur Ahmad Syaifuddin saat menghadiri launching Kampung Tangguh Semeru di Desa Karangbong, Kecamatan Gedangan, Kabupaten , Senin (8/6/2020).

Pernyataan Cak Nur, sapaan akrab Nur Ahmad Syaifuddin seakan menjadi jawaban. Pemkab berharap PSBB tak lagi berlanjut untuk keempat kalinya. Usulan transisi menuju itu, mulai Minggu (7/6/2020) telah diperjuangkan oleh Pemerintah Kota Delta dalam rapat bersama dengan Pemprov Jatim.

Menurut Cak Nur, ada tiga pertimbangan mengapa dinilai siap menjalankan . Pertama, melihat tren kasus Covid-19. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , jumlahnya turun. "Jika dibandingkan dengan PSBB tahap kedua, saat ini turun," paparnya.

Pertimbangan kedua, faktor psikologis warga. Ia mengaku banyak mendengar keluhan tentang dampak PSBB yang memukul perekonomian warga. Karena jam operasional mal, warung makan, warkop, serta kafe dibatasi, tak boleh melebihi pukul 21.00 WIB. "Saya dapat masukan. Selama PSBB warga soroh (susah)," jelasnya.

Alasan ketiga, merupakan kunci penanganan Covid-19. Pemkab sudah menemukan formula yang tepat, yakni dengan terus mendirikan Kampung Tangguh Semeru. Terbukti, dengan kebijakan itu Pemkab mampu menggerakkan warga untuk ikut membantu penanganan Covid-19.

Cak Nur menjelaskan, kampung tangguh sudah membuahkan hasil. Penyebaran Covid-19 ditangani dari tingkat paling bawah, yakni desa. Warga melakukan preventif dengan setiap orang yang keluar masuk desa diminta menujukkan surat keterangan RT/RW.

Ia menambahkan, ketahanan pangan pun terjamin. Pasalnya, desa mendirikan dapur umum untuk suplai kebutuhan pangan. Sedangkan yang tidak kalah penting adalah aspek kuratif dengan menyediakan ruang isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19. "Kampung tangguh merupakan garda terdepan dalam perlawanan corona, dan peran desa juga menjadi andalan, saya berharap kampung tangguh tetap berjalan, bahkan jumlahnya semakin banyak," jelasnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO