Sabtu, 15 Agustus 2020 13:58

Ketua DPRD Gresik Apresiasi Langkah Pemkab Manfaatkan Stadion Gejos untuk Isolasi Pasien Covid-19

Kamis, 04 Juni 2020 11:20 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Ketua DPRD Gresik Apresiasi Langkah Pemkab Manfaatkan Stadion Gejos untuk Isolasi Pasien Covid-19
Stadion Gejos di Desa Segoromadu Kecamatan Kebomas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani mengapresiasi langkah Pemkab Gresik dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik yang bergerak cepat dengan memanfaatkan stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) untuk isolasi dan observasi pasien Covid-19.

Hal ini, lantaran 19 rumah sakit (RS) yang telah ditetapkan Pemkab Gresik sebagai RS rujukan pasien Covid-19 sudah penuh. "Kami mengapresiasi pemerintahan kabupaten, khususnya Gugus Tugas Covid-19 yang menyiapkan stadion Gejos sebagai rujukan tempat rehabiliasi observasi pasien Covid-19, " ujar Fandi Akhmad Yani kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (4/6).

Menurut Gus Yani, begitu panggilan akrabnya, Stadion Gejos merupakan aset pemerintah yang dibangun dari dana APBD Gresik. Namun saat ini, aset tersebut sementara belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan publik dan pemerintah, kecuali hanya untuk kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

"Makanya, aset pemerintah daerah itu sementara bisa dimanfaatkan untuk penanganan pasien Covid-19, apalagi lokasinya strategis," paparnya.

Apalagi, perkembangan Covid-19 di Gresik masih menunjukkan tren kenaikan signifikan. Hingga Rabu (3/6), tercatat pasien positif Covid-19 di Gresik sudah mencapai 193 orang.

Pasien sebanyak itu, tak bisa seluruhnya ditampung di 19 RS rujukan di Gresik. Sebagian dari mereka ada yang dirawat di RS Surabaya. Bahkan, ada sebagian pasien yang terpaksa dilakukan perawatan mandiri di rumah, dengan konsekuensi sangat rentan menularkan ke orang lain.

"Makanya, dengan adanya kebijakan Pemkab Gresik untuk memanfaatkan aset stadion Gejos sebagai tempat isolasi dan observasi pasien Covid-19, sangat tepat," terang politikus muda PKB ini.

Gus Yani mengungkapkan, bahwa rencana awal Gejos akan menyediakan 130 ruang yang bisa digunakan untuk perawatan pasien Covid-19. Sementara untuk pengadaan infrastruktur medis dan perawatan, mulai tempat tidur, dan lainnya, dialokasikan di APBD 2020 hasil realokasi. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 15 Agustus 2020 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...