TPPI Sidoarjo Apresiasi Peran Polresta Perangi Pandemi Covid-19

TPPI Sidoarjo Apresiasi Peran Polresta Perangi Pandemi Covid-19 Koordinator TPPI-P3MD Sidoarjo, Ulul Azmi saat menyerahkan BLT DD di Desa Gisikcemandi, Sedati, Sidoarjo beberapa waktu lalu. (foto ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tenaga Pendamping Profesional Indonesia Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPPI-P3MD) Kabupaten Sidoarjo, memberikan apresiasi kepada Polresta Sidoarjo atas perannya dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 bersama relawan desa.

"Kami mengapresiasi peran Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Sumardji yang dengan cepat dan tepat menurunkan anggotanya, Bhabinkamtibmas dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 bersama relawan yang ada di desa," cetus Koordinator TPPI-P3MD Kabupaten Sidoarjo, Ulul Azmi dalam rilisnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (3/6/2020).

Kata Ulul, bersama Relawan Desa Lawan Covid-19, Bhabinkamtibnas, Babinsa, dan Tim Kesehatan telah melakukan langkah-langkah preventif, yakni dengan cara sosialisasi protokol kesehatan di tempat-tempat umum seperti warung, pasar, masjid, dan masyarakat desa setempat.

"Sejak dibentuknya Relawan Desa lawan Covid-19, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa sangat aktif membantu pemerintah desa dalam pencegahan dan penanganan Covid-19," kata Ulul.

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa itu merupakan langkah nyata dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Langkah nyata Polri dan TNI itu juga ditunjukkan dengan penyemprotan disinfektan, mendampingi Linmas di posko desa, dan turut serta bersama relawan desa dalam pengawalan realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

"Dengan peran aktif Bhabinkamtibmas dan Babinsa ini, persoalan keamanan seperti pemukulan perangkat desa di Desa Sebani, Kecamatan Tarik, serta keributan warga baik di desa maupun di media sosial (medsos) atas carut-marutnya data bantuan dari Pemkab Sidoarjo, dapat diselesaikan dengan baik," jelas Ulul yang pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sidoarjo itu.

Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Sidoarjo itu mengungkapkan, peran aktif Bhabinkamtibmas dan Babinsa itu sebagai wujud kepedulian TNI dan Polri dalam melindungi warganya. Hal itu bertujuan agar upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ada di desa dapat berjalan dengan baik, tertib, dan keamanan tetap terjaga.

Di sisi lain, Ulul Azmi sangat berharap peran Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo untuk memahami Surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 yang mana surat tersebut, sudah dipertegas oleh Surat Edaran Sekda Kabupaten Sidoarjo.

"Kami berharap kepada Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo. Apa saja yang dibutuhkan oleh relawan tanggap Covid-19 di desa sebagaimana Surat Edaran Sekda Kabupaten Sidoarjo harus dipikirkan," pungkas Ulul Azmi. (sta/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO