Kamis, 13 Agustus 2020 12:19

Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar Ratri Purwani, Beri Tips Cara Puasa Sehat dan Bugar

Senin, 18 Mei 2020 21:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar Ratri Purwani, Beri Tips Cara Puasa Sehat dan Bugar
dr. Ratri Purwani, Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Banyak orang yang ragu atau bahkan tidak percaya bahwa puasa dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar. Fenomena atau image itu semakin gencar selama pandemi Corona ini. Bahkan, ada seruan agar tidak melaksanakan puasa, karena dikhawatirkan dapat mengakibatkan atau membuat tubuh menjadi lemah dan drop.

Keraguan dan ketidakpercayaan akan sehatnya orang berpuasa umumnya disebabkan oleh banyak hal, di antaranya karena yang orang yang berpuasa cenderung lemas, mudah lelah dan tidak bertenaga, sehingga banyak di antara mereka sering menghabiskan waktu di tempat tidur.

Lalu bagaimana menurut Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar, Ratri Purwani? Dia menyakinkan bahwa puasa dapat membuat tubuh sehat. Ratri menegaskan hal itu bukan sebatas jargon belaka. Menurutnya, puasa membuat sehat dan bugar, asalkan, menjalankannya dengan baik dan benar sesuai syari’at dan anjuran kesehatan.

“Selain ibadah itu wajib, puasa sejatinya adalah pembersihan tubuh dari racun. puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh angota tubuh dari racun, sehingga makanlah (ganti) dengan makanan sehat,” jelas Ratri BANGDSAONLINE.com

Konsumsi sayur dan buah, terang Ratri, adalah pilihan yang sangat tepat. Ia menganjurkan mengonsumsi makanan yang organik dan variatif, mengurangi konsumsi gula sederhana (IG rendah), konsumsi madu dan kurma.

"Masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus, atau mentah, dan makanlah secara bertahap agar pencernaan dapat beradaptasi. Dan yang terpenting, apalagi di masa pandemik ini, diolah sendiri makanan yang dikonsumsi," tuturnya.

Untuk itu Ratri, memberikan tips agar Ibadah puasa dapat membuat orang yang menjalaninya sehat dan bugar. Namun pertama-tama, dia menjelaskan, yang terpenting harus memahami kesehatan tubuh, dan niatnya hanya karena Allah. "Utamakan makanan padat gizi, makan makanan beraneka ragam," katanya.

"Dan jangan lupa selalu bersegerakan berbuka puasa, minum air yang cukup, sahur diakhirkan jelang imsak, enyahkan rasa kantuk, hindari yang serba terlalu, atur kegiatan dan istirahat yang cukup," paparnya.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, imbuh Ratri, pilih olahraga yang tepat dan ringan, upayakan pagi hari atau setelah subuh, sediakan waktu yang cukup awali dengan pemanasan, lakukan cooling down, atur stress, dan tidur siang sejenak. "Pilih olahraga yang tepat dan ringan dan upayakan pagi hari atau setelah subuh," tambahnya.

Tips dari dr. Ratri Purwani untuk orang yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan:

1. Pilih karbohidrat kompleks saat sahur, karena dicerna lebih lama, sehingga tidak mudah lapar. Hindari karbohidrat sederhana saat sahur, seperti gula, selai, dll.

2. Konsumsi sayur dan buah saat buka dan sahur.

3. Kurangi konsumsi lemak dan santan.

4. Minumlah cukup air putih.

5. Hindari kopi dan minuman bersoda, karena akan membuat perut kembung.

“Itulah tip dari saya semoga bermanaat dan selamat menunaikan ibadah puasa,” mungkasnya mengaahiri bincang santai dengan BANGASAONLINE.com. (adv/aln)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...