Terima Ribuan Alkes, Pemkot Surabaya Siap Gelar Rapid Test di Sejumlah Tempat Rawan Covid-19

Terima Ribuan Alkes, Pemkot Surabaya Siap Gelar Rapid Test di Sejumlah Tempat Rawan Covid-19 Wali Kota Risma menerima ribuan alkes bantuan dari Kemenko Marvis di Halaman Balai Kota Surabaya. foto: YUDI A/ HARIAN BANGSA

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini menerima ribuan alat kesehatan (alkes) bantuan dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI untuk penanganan Covid-19 di , di Halaman Balai Kota, Minggu (17/05/2020).

Ribuan alkes yang diterima itu, terdiri dari Gloves 4.000 pcs, Disposable Protective Mask 2.000 pcs, Disposable Mask (Daily Use) 1.000 pcs, 2019-nCov IgG/IgM Dextection Kit 10.200 pcs (rapid test) dan Infrared Temperature 30 pcs.

Risma menuturkan bahwa untuk alat rapid test, bakal segera didistribusikan ke daerah-daerah yang dinilai rawan Covid-19. Ia mengaku, mempunyai peta sebaran Covid-19 di beberapa wilayah , mulai dari nama maupun alamat tempat tinggalnya.

“Jadi kita sudah punya petanya, kan kita sudah tahu pasiennya, alamatnya di mana. Maka kita dorong yang daerah-daerah rawan, yang terutama tingkat pandemisnya tinggi itu kita rapid test dulu. Nanti jika hasilnya reaktif, maka kita langsung swab,” tuturnya usai menerima alkes dari Kemenko Marves.

Ia menjelaskan, jika setelah dilakukan swab hasilnya negatif, maka orang tersebut akan dilakukan isolasi selama 14 hari. Akan tetapi, jika pemeriksaan swab hasilnya positif, maka dia langsung dikirim ke rumah sakit rujukan untuk dilakukan perawatan intensif.

Wali kota perempuan pertama di ini mengungkapkan, dari hasil rapid test massal yang telah berlangsung beberapa waktu lalu, sebetulnya pada waktu pandemi banyak di beberapa tempat, saat dilakukan rapid test jumlahnya memang demikian. Namun, ketika lokasi yang diketahui pandeminya kecil, saat dilakukan rapid test hasilnya memang kecil.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO