Kamis, 15 April 2021 22:00

Terdampak Covid-19, Pemerintah Daerah Diminta Bisa Fasilitasi Warganya Pulang Kampung

Selasa, 12 Mei 2020 00:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Terdampak Covid-19, Pemerintah Daerah Diminta Bisa Fasilitasi Warganya Pulang Kampung
Bambang Haryo Soekartono. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah daerah diminta bisa memfasilitasi warganya yang terpaksa pulang kampung, akibat pandemi Covid-19. Pemerintah daerah seharusnya juga memberikan anjuran agar warga yang merantau di daerah yang sudah menjadi zona merah Covid-19, agar kembali ke daerah asal.

Harapan itu disampaikan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono, saat di Hotel Aston Kahuripan Nirwana Village (KNV) Sidoarjo, Senin (11/5) sore.

"Kalau ada masyarakat yang pulang kampung, ya pemerintah daerah harus menerima dengan tangan terbuka. Tidak boleh ditolak," cetus BHS, panggilan karib Bambang Haryo Soekartono.

BHS berterus terang jika dirinya sepakat dengan Presiden Joko Widodo terkait pulang kampung itu belum tentu sama dengan mudik, tetapi mudik sama dengan pulang kampung. "Karena pulang kampung itu skupnya lebih luas, lebih umum. Pulang kampung itu karena berbagai kepentingan," ucap BHS.

BACA JUGA : 

Cek Dampak Gempa Malang, BHS Tinjau Kondisi Tanggul Lumpur Lapindo

Antisipasi Pemudik yang 'Curi Start', Posko PPKM Mikro Kota Blitar Diminta Aktif Mendata Pendatang

Antisipasi Mudik 2021, Kapolda Jatim Siapkan 3.300 Personel Untuk Sekat Perbatasan

Jelaskan Alasan Mudik Lebaran Dilarang, Anggota DPR RI Aminurokhman Beri Contoh Kasus di India

BHS menilai, kegiatan pulang kampung itu tidak sama dengan mudik. Baginya, pulang kampung itu ada persoalan yang mendasari, seperti gagalnya atas pekerjaan selama merantau, dan atau memutuskan kembali lagi hidup di daerah asal. Sedangkan mudik sifatnya hanya untuk kepentingan selama menikmati libur hari besar atau libur panjang.

"Mudik umumnya untuk mengunjungi keluarga saat musim liburan hari besar keagamaan mulai Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan lainnya, sebagai tradisi. Mudik pasti menyesuaikan jadwal libur yang ditetapkan pemerintah maupun aturan dari instansi maupun perusahaan masing-masing. Artinya, waktunya dibatasi saat libur saja. Tapi pulang kampung waktunya tak terbatas," imbuh bakal calon bupati (Bacabup) Sidoarjo ini.

Nah, karena dampak Covid-19, sehingga ada warga yang terpaksa pulang kampung, karena warga tersebut tidak bisa bekerja, BHS menegaskan seharusnya pemerintah daerah dan pusat bahkan perlu memfasilitasi warga yang pulang kampung tersebut.

"Dengan fasilitas apa? Ya fasilitas transportasi publik maupun pribadi. Dan mereka yang pulang kampung dengan kendaraan pribadi, ya jangan ditolak dong. Jangan disuruh kembali lagi. Apalagi bagi mereka yang dalam keadaan susah, karena sudah tidak bekerja di sana (di daerah perantauan)," tandas BHS.

Tak hanya itu, tegas BHS, seharusnya pemerintah daerah yang proaktif meminta warganya agar pulang kampung dari daerah zona merah Covid-19. "Agar warga tersebut tidak tertular (Covid-19) di sana. Jangan malah dilarang untuk pulang kampung," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Meski demikian, BHS mengingatkan, pemerintah daerah harus memastikan warga yang pulang kampung tersebut, dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19. Selain itu, harus taat dengan protokol penanganan Covid-19 secara detail.

Misalnya, siap dikarantina 14 hari sesampainya di kampung tujuannya. Semua ini agar yang diharapkan pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Corona dapat tertangani dengan baik.

BHS juga menegaskan, perlunya pemerintah daerah memfasilitasi warganya yang pulang kampung, diharapkan bisa mengurangi beban yang ditanggung oleh pemerintah di zona merah Covid-19. (sta/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...