Selasa, 22 September 2020 16:50

Nama Wakil Ketua DPRD Trenggalek Masuk Daftar Penerima BST dari Kemensos, Minta Dicoret

Senin, 11 Mei 2020 17:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Nama Wakil Ketua DPRD Trenggalek Masuk Daftar Penerima BST dari Kemensos, Minta Dicoret
Doding Rachmadi, ST, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek. foto: HERMAN/BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD Trenggalek Doding Rachmadi merasa kaget ketika namanya tercatat sebagai calon penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 600 ribu tiap bulan selama 3 bulan dari Kemensos (Kementerian Sosial). Bantuan itu diberikan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19 ini.

Terkait hal tersebut, ia lantas meminta pada pemerintah desa untuk mencoret namanya dari daftar penerima BST Kemensos.

"Saya sudah minta pada pihak pemerintah desa agar nama saya dicoret saja dari calon penerima bantuan dari Kemensos. Saya rasa masih banyak warga desa yang lebih membutuhkan bantuan seperti ini," kata Doding di gedung DPRD Trenggalek, Senin (11/5).

Doding yang secara administrasi tercatat sebagai warga RT 01 RW 01 Desa Karangan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek ini menceritakan awal mula ia tahu namanya tertera di daftar penerima BST Kemensos.

"Jadi, kemarin malam itu Kades Karangan telepon ke saya. Kades bilang bahwa nama saya terdata sebagai orang yang menerima BST dari Kemensos. Lha, saya juga kaget kok orang seperti saya malah dapat bantuan," kata Doding merasa heran dan tertawa.

Sementara Kades Karangan Tri Rohadi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan jika nama Doding Rachmadi terdata sebagai calon penerima manfaat BST dari Kemensos.

"Ya, memang benar nama Doding Rachmadi sebagai calon penerima bantuan dari Kemensos. Tapi dari obrolan lewat telpon kemarin malam, Doding minta agar namanya di coret," ungkap Tri Rohadi.

Menurutnya, kesalahan pendataan calon penerima BST dari Kemensos angkanya cukup banyak. Namun, untuk sementara ini hanya Doding Rachmadi yang mau sadar diri. Ia berharap, masyarakat yang lain bisa segera mengikuti dan bersikap seperti wakil ketua DPRD ini.

Sementara Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek, Suparlan mengakui, jika data BST yang berasal dari Kemensos banyak yang tidak sesuai dengan fakta yang di lapangan.

"Jadi, banyak data yang tidak tepat sasaran. Makanya ketika data itu turun (dari Kemensos), kita minta pemerintah desa untuk melakukan verifikasi dan validasi data," kata Suparlan.

Menurutnya verifikasi dan validasi data di tingkat desa bervariasi. Ada desa yang begitu tinggi konsentrasinya dalam hal pendataan ini, namun ada pula yang sebaliknya.

"Jadi, kalau ada desa yang tidak melakukan verifikasi dan validasi data setiap hari, memang akan mengalami seperti itu, data lama tetap akan dipakai," jelasnya. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...