Ketua Fraksi Nasdem DPRD Gresik Kecam Pembangian BLT DD yang Mendatangkan Massa

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Gresik Kecam Pembangian BLT DD yang Mendatangkan Massa Musa, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi Nasdem DPRD , Musa mengecam langkah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahun 2020 dengan melibatkan banyak massa.

Sebab, Pemerintah Kabupaten bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan dengan mendatangkan massa. Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten .

Apalagi, saat ini Kabupaten tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah sebaran Covid-19. "Jadi, apa yang telah dilakukan DPMD dalam pembagian BLT DD tak berbanding lurus dengan aturan yang telah dibuat. Sama halnya Pemkab telah melanggar aturan yang ditetapkan yang sebelumnya dibuat untuk dipatuhi masyarakat," ujar Musa kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (5/5/2020).

Musa menyontohkan pembagian BLT DD di Kantor Kecamatan Duduksampeyan yang dibagikan secara simbolis oleh Wabup Moh. Qosim, Senin (4/5/2020) kemarin. Saat itu, massa yang datang sangat banyak sehingga bergerombol. Selain itu, juga di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah, Desa Baron Kecamatan Dukun, Desa Dadapkuning dan Kambingan Kecamatan Cerme.

"Ini kan tidak benar. Di saat Pemkab meminta masyarakat patuh aturan agar menghindari kerumunan dan tidak membuat acara yang mendatangkan massa, justru DPMD malah mendatangkan massa saat pembagian BLT DD. Ada motif apa ini sebenarnya," cetus Sekretaris DPD Nasdem ini dengan nada penuh selidik. 

"Kami menyayangkan sikap inkonsistensi Pemkab dalam pembagian BLT DD dengan mengumpulkan massa," sambungnya.

Menurut Musa, Permendes No. 6 Tahun 2020 hal 80 telah mengatur mekanisme penyaluran BLT DD dengan metode nontunai (cashless) setiap bulan.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kabag Humas dan Protokol Pemkab , Reza Pahlevi mengklaim bahwa pembagian BLT DD tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan. "Para penerima BLT DD duduk sudah diatur satu meter, dan disediakan tempat cuci tangan. Pembagiannya juga telah dibuat bergantian," tutur Reza Pahlevi. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO