Minggu, 05 Juli 2020 23:29

Dua Pasien Positif dan Dua PDP Covid-19 di Pamekasan Dinyatakan Sembuh, ini Rahasianya

Minggu, 03 Mei 2020 13:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
Dua Pasien Positif dan Dua PDP Covid-19 di Pamekasan Dinyatakan Sembuh, ini Rahasianya
RSUD dr. H. Slamet Martodirjo Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dua Pasien Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura, dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang.

Menurut Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat dipulangkannya kedua pasien ini lantaran hasil swab spesimen yang dikeluarkan oleh laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta menyatakan negatif virus Corona.

Dua pasien Covid-19 yang dipulangkan karena sudah dinyatakan sembuh ini yaitu Sohebbuddin warga Kecamatan Proppo, dan Subhan warga Kecamatan Galis.

Selain dua pasien positif Covid-19 yang sembuh, dua pasien dalam pengawasan (PDP) juga dinyatakan negatif Corona berdasarkan hasil swab. Kedua PDP yang juga dipulangkan yaitu Nur Henny warga Kecamatan Pakong, dan Iskandar Zulkarnain warga Kelurahan Bugih, Kecamatan Pamekasan.

"Alhamdulillah hasil swab spesimen keempat pasien ini dari Balitbangkes Jakarta dinyatakan negatif virus Corona. Jadi kami pulangkan," kata Syaiful Hidayat kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (03/05/20).

dr. Syaiful menjelaskan strategi penanganan protokol kesehatan yang dilakukan pihaknya terhadap dua pasien Covid-19 dan PDP yang dinyatakan sembuh tersebut.

Pertama, keempat pasien ini sangat disiplin dalam minum obat dan vitamin khusus yang diberikan.

Kedua, tidak memilik penyakit bawaan atau penyakit pengorbit seperti penyakit jantung atau hipertensi. Sehingga menurut Syaiful, sangat mudah penyembuhannya.

"Biasanya pasien positif Corona yang punya penyakit bawaan seperti penyakit jantung dan hipertensi ini yang menjadi pemberat, sehingga membuat pasien sulit disembuhkan," jelasnya.

Ketiga, juga berkat kekompakan tim medis Penanggulangan Covid-19 RSUD Pamekasan yang bekerja sangat maksimal hingga 24 jam.

Serta yang terakhir kesembuhan empat pasien Covid-19 ini juga berkat doa dan dukungan warga Pamekasan yang selalu mendukung tim medis RSUD Pamekasan dalam menangani percepatan kesembuhan pasien Covid-19.

"Umumnya pasien Covid-19 yang kami rawat tidak ada penyakit lain atau penyakit bawaan, sehingga proses penyembuhannya sangat mudah bagi kami untuk menangani," pungkasnya.

Perlu diketahui, saat ini RSUD dr H. Slamet Martodirjo masih merawat 3 pasien positif Covid-19 yang hasil swab lanjutannya akan keluar lima hari lagi. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...