Lamongan Segera Miliki RS Darurat Covid-19

Lamongan Segera Miliki RS Darurat Covid-19 Moh. Sukiman, Kepala Bidang Tata Lingkungan Perumahahan dan Pemukiman DPRKP Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com- Pemerintah Kabupaten akan memiliki rumah sakit darurat bagi pasien . Rumah sakit yang sedang dibangun di Jalan Kusuma Bangsa ini dalam tahap pengurukan dan direncanakan berfungsi dalam tiga minggu ke depan.

Usulan Bupati pada pemerintah pusat untuk membangun rumah sakit darurat bagi penanganan pasien , disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rumah sakit yang berada di lokasi bekas perumahan anggota DPRD Kabupaten ini, pengerjaannya dilakukan oleh PT Wijaya Karya. Dalam pembangunan rumah sakit ini, PT WIKA (Wijaya Karya) menggunakan teknologi modular, seperti rumah sakit darurat lainnya di Pulau Galang.

Rumah sakit tersebut, akan digunakan untuk fasilitas observasi penampungan dan karantina guna pengendalian di . Proses pengurukan dan pemadatan tanah akan selesai pada 29 April 2020 dan dilanjutkan dengan pemasangan panel modular yang terdiri dari komponen buatan pabrik. Pembangunan sistem panel modular tersebut memiliki sistem aplikasi yang mudah, sehingga bangunan akan cepat selesai.

Moh. Sukiman, Kepala Bidang Tata Lingkungan Perumahahan dan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten , Senin (27/4/2020) mengatakan, berdirinya rumah sakit darurat untuk pasien tersebut merupakan usulan Pemkab pada pemerintah pusat dan disetujui. Sedangkan, semua wewenang dalam pengerjaan rumah sakit tersebut, langsung dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Rencana semula, bangunan ini bisa menampung 100 bed, namun dengan lokasi sekarang, ini hanya bisa menampung 60 bed. Direncanakan untuk pembangunan fisik selesai pada akhir Mei, selanjutnya dilakukan pemasangan alat medis yang semuanya diserahkan pada Dinas Kesehatan," kata Sukiman.

Diharapkan, dengan dibangunnya rumah sakit darurat tersebut, Pemkab bisa memiliki tempat yang lebih banyak untuk menampung dan mengisolasi pasien . (qom/zar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO