Kota Batu Tiadakan Salat Jumat, Warga Salat Duhur di Rumah

Kota Batu Tiadakan Salat Jumat, Warga Salat Duhur di Rumah H. Achmad Marzuki, Ketua PC DMI Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ibadah salat Jumat di , mulai Jumat (3/4) resmi ditiadakan. Hal itu menyusul terbitnya instruksi Wali nomor 338/1676/422.011/2020 tertanggal 2 April 2020 tentang pelaksanaan ibadah yang ditujukan bagi seluruh pengurus tempat ibadah di .

Bahkan, Takmir Masjid Agung An Nur secara resmi mengeluarkan maklumat bahwa kegiatan salat Jumat terhitung pada Jumat (3/4) dan Jumat (10/4) mendatang ditiadakan. Warga diminta mengganti shalat Jumat dengan salat dhuhur di rumah masing-masing.

"Kamis kemarin kami rapat koordinasi dengan wali kota, camat, OPD, dan ormas se- terkait dengan pelaksanaan ibadah. Salah satunya untuk sementara waktu kegiatan ibadah salat Jumat untuk tanggal 3 April dan 10 April mendatang diganti dengan salat duhur di rumah masing-masing. Kita ketahui bersama berada di zona merah Covid-19. Kita harus patuh terhadap Allah dan Rasul-Nya serta pemimpin kita termasuk pemerintah," ujar H. Achmad Marzuki, Ketua Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (3/4).

Ditiadakannya kegiatan ibadah di masjid tersebut guna mencegah penyebaran perkembangan Covid-19 di dan dalam rangka memutus rantai penyebarannya untuk melindungi masyarakat. Dasar lain keluarnya instruksi tersebut juga sesuai fatwa MUI nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid-19.

"Instruksi agar masyarakat melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya di rumah masing-masing ini berlaku selama 14 hari, terhitung mulai 3 April hingga 16 April 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai perkembangan," ujar Achmad Marzuki.

Marzuki mengungkapkan, rapat yang memutuskan pelaksanaan ibadah dilaksanakan di rumah ini dipimpin Wali di ruang rapat utama lantai 5 Balai Kota Among Tani, 2 April kemarin. Hadir dalam rapat tersebut, Danrem 083/BDJ, Ketua DPRD, Wakil Wali Kota, Kapolres, Kemenag, Ketua FKUB, tokoh agama, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kajari, dan Dandim 0818 Batu-Malang. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO