Jumat, 05 Juni 2020 15:48

DPRD Gresik Siap Alihkan Sisa Dana Pilkada Rp 36,72 M untuk Cegah Covid-19

Rabu, 01 April 2020 11:50 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
DPRD Gresik Siap Alihkan Sisa Dana Pilkada Rp 36,72 M untuk Cegah Covid-19
Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat memberikan keterangan terkait realokasi anggaran KPU, Rabu (1/4).

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik siap menjalankan Pemerintah Pusat untuk mengalihkan anggaran Pilkada serentak 2020, yang berbentuk hibah kepada KPU Gresik, untuk penanggulangan virus Corona (COVID-19). Hal ini disampaikan Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (1/4).

Menurut Gus Yani, begitu panggilan akrabnya, saat ini pihaknya tengah menunggu Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk realokasi tersebut.

"Kalau petunjuk Perppu sudah turun, kami langsung alihkan anggaran Pilkada untuk keperluan pencegahan COVID-19 di Kabupaten Gresik," paparnya.

Menurut Gus Yani, DPRD memiliki komitmen besar dalam membantu pemerintah dalam mencegah sebaraan COVID-19 di Kabupaten Gresik. "DPRD mengerahkan semua kemampuannya untuk berjibaku dalam pencegahan mewabahnya COVID-19 di kota bertabur ribuan industri ini," katanya.

Ketua KPU Gresik, Akhmad Roni mengungkapkan, bahwa lembaga yang dipimpinnya mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 61,2 miliar dari APBD Gresik 2020 untuk pelaksanaan Pilbup Gresik 2020.

Dari anggaran sebesar itu, lanjut Roni, sebesar 40 persen telah dicairkan untuk menjalankan sejumlah tahapan. Sehingga, saat ini sisa anggaran yang belum terserap sebesar 60 persen.

"Jadi, sekarang masih ada anggaran sekira Rp 36,72 miliar yang belum terserap," ungkapnya.

Roni mengaku telah mendapatkan informasi soal pengalihan anggaran Pilkada 2020 untuk pencegahan COVID-2020. Pengalihan anggaran ini setelah Pilkada 2020 diputuskan ditunda berdasarkan hasil rapat antara Komisi II DPR RI, Mendagri, Bawaslu, dan DKPP.

"KPU Gresik sangat siap mendukung kebijakan pemerintah untuk mengalihkan anggaran Pilkada Gresik Rp 36,72 M untuk kepentingan pencegahan COVID-19 di Kabupaten Gresik," terangnya.

Di sisi lain, Ketua Fraksi PKB DPRD Gresik, Moh. Abdul Qodir juga menyatakan bahwa fraksinya siap merealokasi anggaran perjalanan dinas untuk kebutuhan mencegah sebaran COVID-19.

Terkait berapa besaran anggaran perjalanan dinas yang direalokasi untuk pencegahan COVID-19, ia mengatakan sedang dihitung Sekretariat Dewan. "Termasuk berapa bulan jatah anggaran perjalanan dinas yang akan kami alokasikan untuk pencegahan COVID-19 menunggu perkembangan," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...