RS Karsa Husada Batu Jadi Rujukan Pasien Covid-19

RS Karsa Husada Batu Jadi Rujukan Pasien Covid-19 Direktur RS Karsa Husada, dr. Tries Anggraini saat meninjau salah satu ruangan.

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit (RS) Karsa Husada milik Pemprov Jatim menjadi satu-satunya rumah sakit rujukan dalam penanganan kasus wabah virus Corona atau di .

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang diberikan untuk menunjang penyembuhan pasien di sana?

Direktur RSU Karsa Husada, dr. Tries Anggraini mengatakan, fasilitas yang disiapkan dalam penangan kasus tersebut terdapat 4 ruangan. Dua ruangan dikhususkan untuk kasus yang berat.

"Kalau yang ruangan khusus ini ada alat ventilator. Sedangkan tempat tidur yang disiapkan ada 14 unit. Dengan ruangan terdapat High Efficiency Particulate Air (Hepa) filter," ujar Tries, Rabu (1/4).

Pihak rumah sakit juga menyiapkan dokter khusus untuk penanganan kasus ini. Para dokter itu terdiri dari spesialis paru, penyakit dalam, anestesi, konsultasi insentif care, dan anak. Untuk dokter spesialis atau tim inti disiapkan 8 dokter.

"Jumlah dokter spesialis paru ada 3 dokter, dokter penyakit dalam disiapkan 1 dokter, spesialis anestesi 1 dokter, konsultasi insentif care ada 1 dokter, ada 2 dokter anak dan ini adalah tim inti," tambah Tries.

Sedangkan untuk Alat Pelindung Diri (APD), Tries mengaku saat ini masih dapat di-cover oleh rumah sakit. Namun, kemungkinan hanya bisa bertahan selama satu Minggu.

"Karena memang APD ini sekali pakai. Kalau yang positif bertambah, tentu itu tidak mencukupi. Tapi sejauh ini masih bisa sampai satu Minggu," jelasnya.

Menurutnya APD yang mendesak saat ini adalah masker bedah disposable. Kurang lebih dibutuhkan sebanyak 200 box dan masker N95 500 box. Kemudian untuk coverall jumpsuit atau hazmat dibutuhkan 150 buah.

Kemudian juga coverall yang dibutuhkan meliputi sepatu boot, kemudian face shield, dan handscoon. Sedangkan fasilitas lainnya seperti ambulans yang disiapkan ada 3 unit mobil. (asa/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO