Cegah Covid-19, Bendahara PDIP Gresik Bagi-bagi Wedang Pokak

Cegah Covid-19, Bendahara PDIP Gresik Bagi-bagi Wedang Pokak Bendahara DPC PDIP Gresik, Ir. Hj. Siti Muafiyah ketika membagikan wedang pokak dalam botol kemasan kepada masyarakat secara gratis. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komponen masyarakat Kabupaten Gresik yang membantu upaya pemerintah dalam memerangi sebaran virus Corona (COVID-19), terus bermunculan.

Senin (30/3), Bendahara DPC PDIP Kabupaten Gresik yang juga Ketua DPC Sarinah Kabupaten Gresik, Ir. Hj. Siti Muafiyah membagi-bagikan wedang pokak dalam botol kemasan kepada masyarakat secara gratis. Bersama tim BMI dan Repdem, bagi-bagi pokak ini dilakukan di sejumlah titik Kota Gresik.

Menurut Siti Muafiyah, wedang pokak bermanfaat untuk melindungi masyarakat Kabupaten Gresik dari paparan virus COVID-19. "Sebab wedang pokak ini terbuat dari rempah-rempah yang bisa menghalau COVID-19 ketika masuk ke dalam tubuh manusia," ujar Siti Muafiyah kepada BANGSAONLINE.com, Senin (30/3).

Siti Muafiyah menjelaskan,  ramuan wedang pokak terdiri dari serih, daun pandan, kayu manis, jahe, cengkeh dan gula. "Bahan-bahan itu direbus jadi satu sampai air mendidih. Bahan-bahan wedang pokok ini sangat mudah didapatkan di pasar tradisional," jelas salah satu bakal calon wakil bupati (bacawabup) ini.

Siti Muafiyah mengungkapkan, wedang pokak di Gresik sudah ada sejak jaman Kanjeng Raden Paku Sunan Giri.

"Kala itu, wedang pokok biasanya disandingkan dengan makanan ringan godo dan tempe. Sampai sekarang tidak berubah ketika saya mendayo (bertamu,Red) di Sekar Kedaton Sidomukti Kebomas di rumah keluarga ibu," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO