Corona Mewabah, 27 Pasang Pengantin di Lamongan Gelar Akad Nikah Tanpa Resepsi

Corona Mewabah, 27 Pasang Pengantin di Lamongan Gelar Akad Nikah Tanpa Resepsi Pasangan pengantin di Kecamatan Modo dan Kecamatan Mantup yang melangsungkan akad nikah di saat merebaknya virus corona.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 27 pasang laki-laki dan perempuan di Kabupaten melaksanakan akad nikah di tengah merebaknya virus Corona.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama Kabupaten M. Khoirul Anam mengatakan, dalam bulan ini total yang melakukan akad nikah di tengah wabah virus corona sebanyak 27 pasang. 

"Mereka menjalani akad nikah terlebih dahulu dan kita imbau agar tidak melakukan acara resepsi pernikahan yang dapat mengundang massa untuk berkerumun," kata Anam, Jum'at (27/3).

Menurutnya, pasangan pengantin itu ada yang melakukan akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) dan di luar kantor.

"Data yang kami terima ada yang akad nikah di Kantor KUA sebanyak 10 pasangan. Sementara yang akad nikah di luar kantor artinya bisa di rumah dan musala atau masjid sebanyak 17 pasangan," terangnya.

Dalam proses akad nikah, tambah Anam, pihak Kemenag telah menganjurkan kepada seluruh yang terlibat baik petugas KUA, modin, pihak keluarga agar memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Bahkan, saat berlangsungnya akad nikah maksimal di dalam ruangan hanya ada 10 orang. Tak hanya itu saja, soal ventilasi udara dan alat kesehatan mulai dari hand sanitizer, masker, dan sarung tangan harus digunakan demi antisipasi dan langkah pencegahan penyebaran .

"Semuanya yang terlibat wajib memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Kita membatasi, maksimal yang ada di ruangan saat proses nikah adalah 10 orang. Pengantin, wali, saksi dan petugas penghulu semuanya memamakai masker dan sarung tangan, atau terlebih dahulu memakai hand sanitizer," pungkasnya. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO