Selasa, 31 Maret 2020 00:05

Jombang Dinyatakan Darurat Corona

Kamis, 26 Maret 2020 18:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Aan Amrulloh
Jombang Dinyatakan Darurat Corona
Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab beserta Forkopimda saat menyampaikan pers rilis.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Jombang dinyatakan sebagai kondisi darurat Virus Corona (Covid-19), mulai 26 Maret hingga 29 Mei 2020. Hal ini disampaikan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menggelar konferensi pers membacakan empat poin seruan hasil rapat yang diselenggarakan di ruang rapat Swagata Pendopo Kabupaten.

Rapat itu diikuti Forkopimda, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Kamis (26/03/20).

Selain status Jombang yang darurat Virus Corona (Covid-19), dalam rilis yang disampaikan Bupati Mundjidah, pada poin kedua mengimbau masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang menyebabkan berkumpulnya massa, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Ketiga, dalam keadaan mendesak dan sulit dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang agar menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pencegahan penyebaran Covid-19.

Sedangkan poin yang keempat sendiri berbunyi, tidak boleh terpengaruh serta menyebarkan berita-berita yang tidak jelas sumbernya, sehingga dapat menimbulkan keresahan ditengah masyarakat.

Orang nomer satu di Jombang tersebut mengatakan, Kabupaten Jombang dinyatakan sebagai darurat Covid-19 didasari dari Kepres nomer 7 tahun 2020, tentang gugus tugas percepatan penanganan virus Corona. Selain itu terdapat pula maklumat dari Kapolri, tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus tersebut.

“Kami juga mengacu pada keputusan Gubernur Jawa Timur, tentang status provinsi sebagai darurat Covid-19. Jadi karena Jombang kan termasuk wilayah Jawa Timur, untuk itu kita buat maklumat seperti ini,” ucapnya pada wartawan usai pers rilis.

Menurut Bupati wanita pertama di Jombang ini, bahwa kasus virus Corona sendiri di wilayahnya semakin menurun. Pihaknya juga akan menggunakan dana cadangan bencana alam dalam menangani wabah virus corona ini.

“Alhamdulillah untuk kasus corona di Jombang menurun, untuk pasien yang dalam perawatan masih tetap tiga orang. Kita juga mengalokasikan dana cadangan sebesar 1 miliar rupiah untuk penanganan ini,” terangnya.

“Dana ini nantinya digunakan sesuai permintaan dari Dinas Kesehatan maupun untuk kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya darurat. Semisal alat kesehatan yang diperlukan yang kita belum ada,” imbuhnya.

Disinggung terkait aktivitas masyarakat dalam menjalankan sholat Jum’at berjamaah di masjid, bupati mengacu pada keputusan MUI, yakni bisa tetap dilaksanakan dengan syarat di wilayah tersebut tidak ada warga yang berstatus Orang Dalam Risiko (ODR) atau Orang Dalam Pantauan (ODP).

“Sholat Jum’at masih bisa dilaksanakan, asal di wilayah tersebut tidak terkena dampak Corona seperti ada yang ODR atau ODP. Namun pelaksanaan sholat juga sesuai protokol kesehatan, yaitu dengan jarak dan cuci tangan dulu sebelum masuk masjid,” tegasnya.

Sementara, dengan adanya keputusan dari pemerintahan tentang penanganan Covid-19 ini sangat berdampak pada ekonomi masyarakat. Pihak Pemkab sendiri masih menunggu hasil keputusan dari Pemerintahan Pusat terkait hal ini.

“Dampak ekonomi pasti ada, kita masih menunggu keputusan dari pusat. Saat ini masih dibahas di tingkat Nasional dan Provinsi,” pungkas Mundjidah. (aan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...