Puluhan Pengantin di Kota Batu Tunda Resepsi Pernikahan

Puluhan Pengantin di Kota Batu Tunda Resepsi Pernikahan KUA juga memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk mencegah penyebaran virus Corona.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menyikapi perkembangan penyebaran virus Covid-19 di Jatim, puluhan pengantin di akhirnya bersedia menunda acara resepsi pernikahannya.

Hal ini disampaikan Arif Saifudin, Kepala KUA Kecamatan Batu. Menurutnya, di bulan Maret 2020 ada 80 calon pengantin (catin) yang sudah menggelar akad nikah, dan untuk April sudah ada sekitar 15 catin.

"Kami terus menyosialisasikan ke semua calon pengantin terkait larangan kegiatan mengumpulkan orang dalam jumlah banyak ini guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Alhamdulillah semua sadar dan siap menunda acara resepsi pernikahannya hingga kondisi ini sudah normal," ujar Arif Saifudin kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (26/3).

Guna mencegah penyebaran Covid-19, pelayanan akad nikah di kantor KUA juga semakin diperketat. Dalam satu ruangan hanya dibatasi 10 orang. Selain itu, petugas, catin, wali nikah, dan anggota keluarga wajib mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

"Untuk sementara, KUA meniadakan semua jenis pelayanan selain layanan administrasi dan pencatatan nikah. Yang ditiadakan itu antara lain bimbingan perkawinan bagi catin, konsultasi perkawinan, dan bimbingan klasikal lainnya," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Supriyadi, Kepala KUA Kecamatan Junrejo. Menurutnya, sekitar 30 catin sudah melangsungkan akad nikahnya pada Maret 2020 ini. Mereka sudah diberi imbauan untuk sementara waktu menunda dulu resepsi pernikahannya.

"Di tengah merebaknya wabah Covid-19 ini, pelaksanaan akad nikah tetap kami gelar. Namun demikian kami sudah menerapkan prosedur keamanan sebagaimana imbauan pemerintah. Kami juga sudah mengimbau kepada kedua mempelai dan keluarganya untuk menunda dulu acara resepsi pernikahannya guna menghindari penyebaran wabah ini," tuturnya.

Dikonfirmasi hal ini, Kepala Kantor Kemenag , Drs. Nawawi berharap semua catin bisa menaati aturan ini. "Jangan sampai ada yang memaksakan diri menggelar resepsi pernikahan yang mengundang banyak orang," ujarnya, Kamis (26/3). (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO