Sabtu, 06 Juni 2020 21:43

Pemkab, DPRD, dan Forkopimda Gresik Satu Suara Gunakan Dana Kedaruratan Cegah Corona

Jumat, 20 Maret 2020 20:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Pemkab, DPRD, dan Forkopimda Gresik Satu Suara Gunakan Dana Kedaruratan Cegah Corona
Bupati Sambari bersama Wabup Qosim, Ketua DPRD Yani dan Forkopimda saat rapat koordinasi penanganan virus corona. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memimpin rapat pemaparan penanganan covid-19, di Ruang Rapat Graita Eka Praja Kantor Pemkab Gresik, Jum’at (20/3).

Rapat yang juga dihadiri Ketua DPRD Fandi Akhmad Yani, Wabup Moh. Qosim, pejabat Forkopimda dan sejumlah kepala OPD disepakati menggunakan dana kedaruratan untuk pencegahan sebaran virus corona (covid-19).

"Meskipun ini bukan bencana alam, tapi bencana pandemi covid-19 ini telah menjadi bencana global. Saya minta persetujuan kepada Ketua DPRD juga kepada seluruh perwakilan Forkopimda yang lain. Apakah setuju bila kami menggunakan dana kedaruratan dalam operasional penanganan pandemic virus corona ini?" tanya bupati kepada peserta rapat.

Sementara wabup menyatakan, menyetujui penggunaan dana kedaruratan untuk penanganan covid-19 yang kemudian diikuti oleh ketua DPRD Gresik, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Gresik, Pengadilan Negeri Gresik, Polres Gresik serta perwakilan dari Kodim 0817 Gresik. 

"Kita harus hadir untuk mengamankan masyarakat. Pemberian masker, penyemprotan disinfektan, serta pembagian hand sanitizer dan pemeriksaan suhu tubuh tidak harus dilakukan di perkotaan saja. Kita harus menjangkau sampai kecamatan bahkan desa," katanya.

Bupati pada kesempatan ini juga mengungkapkan, untuk saat ini juga perlu memberikan hand sanitizer dan menyemprot masjid.

Tahap awal hanya sebatas masjid di sekitar. Tapi selanjutnya untuk menyukseskan penanggulangan covid-19 harus bisa menjangkau banyak masjid. 

"Di Gresik ada 1.400 masjid. Kalau mungkin kita juga bekerja sama dengan takmir. Mungkin juga kita meminta bantuan kepada perusahaan untuk melaksanakan kegiatan ini setidaknya kepada lingkungan perusahaan masing-masing agar menyiapkan masker, hand sanitizer, disinfektan dan memeriksa suhu tubuh karyawan," katanya.

Kepala Satgas Pencegahan Virus Corona, Nadlif mengatakan, pihaknya saat ini hanya sebatas meningkatkan dari kinerja yang sudah dilakukan Pemkab Gresik. 

"Beberapa yang sudah dilakukan oleh Bupati dan jajaran Pemkab Gresik sudah sangat tepat," kata Nadlif yang diangguki oleh Sekretaris Satgas Syaifuddin Ghozali yang juga Kadinkes Gresik.

Beberapa langkah telah dilakukan Pemkab Gresik, sosialisasi kepada sekitar 2.000 orang yang mewakili kelompok masyarakat. Mereka adalah para kepala OPD sampai setingkat kasi, camat, kades, para kepala sekolah dari TK sampai SMA, unsur dari Dinas Kesehatan dan beberapa organisasi.

Kemudian, pemeriksaan suhu tubuh, dan penyemprotan disinfektan. "Kami juga akan meningkatkan pemantauan dalam cakupan yang lebih luas. Misalnya sampai ke desa, pasar, masjid, pelabuhan umum dan pelabuhan DUKS. Kami juga akan lebih mengatur lagi agar masyarakat lebih bisa memahami dan mengikuti anjuran untuk pencegahan corona," katanya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...