Cegah Wabah Virus Corona, KPU Gresik Alihkan Pelantikan PPS

Cegah Wabah Virus Corona, KPU Gresik Alihkan Pelantikan PPS Makmun, Komisioner KPU Gresik Divisi Sosialisasi dan SDM.

GRESIK, BANGSAONLINE.com juga mewaspadai persebaran virus Corona (Covid-19). Makmun, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan SDM mengungkapkan berdasarkan aturan dari KPU pusat, KPU di daerah juga diperintahkan menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa.

Sementara waktu dekat punya gawe untuk pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) hasil penjaringan.

"Karena itu, atas imbauan di atas, mencoba meminimalisir kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa besar. Seperti akan mengalihkan pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) yang sebelumnya dilakukan serentak seluruh kabupaten, dialihkan di kecamatan masing-masing," ujar Makmun kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (17/3).

Makmun menyatakan, KPU juga melakukan antisipasi dan kewaspadaan persebaran Virus Corona yang per hari Selasa (17/3) menyerang 172 korban dan 5 korban meninggal.

"Untuk itu, telah mengevaluasi kegiatan berhubungan dengan pengumpulan massa. Kami sudah melakukan pleno terkait itu. Hasilnya, tempat pelantikan PPS akan dialihkan. Yang sebelumnya akan dilakukan serentak dan bertempat di gedung besar, diganti atau dialihkan ke kecamatan tempat masing-masing PPS berdomisili," terangnya.

Namun demikian, ia memastikan tahapan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Pilkada serentak 2020, tetap berjalan. "Walaupun sedikit banyak ada perubahan," cetusnya.

Makmun berharap, keadaan darurat segera mereda. Hal ini supaya pegelaran Pilbup Gresik 2020 tetap berlangsung. Sebab jika virus Corona tetap menjadi ancaman, kemungkinan besar kinerja KPU untuk menyukseskan pilbup akan terhambat.

"Di kantor KPU juga kami melakukan kewaspadaan. Bagi anggota maupun staf pegawai wajib hukumnya sebelum masuk kantor agar mencuci tangannya. Kami juga sudah menyediakan semprot tangan di pintu utama," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO