Rabu, 16 Juni 2021 05:46

Pencegahan Corona, Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Manfaatkan Sabun Tangan Buatan Sendiri

Senin, 09 Maret 2020 10:36 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Mustain
Pencegahan Corona, Siswa SMA Al Muslim Sidoarjo Manfaatkan Sabun Tangan Buatan Sendiri
HASIL KARYA: Siswa Al Muslim Sidoarjo sosialisasi produk pembersih tangan dan sabun cuci tangan, Jumat (6/3) lalu. foto ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Karya siswa SMA Al Muslim Waru Sidoarjo kini sangat bermanfaat seiring dengan upaya mencegah dan terhindar dari virus Corona.

Produk inovasi kesehatan itu hasil karya sejumlah siswa SMA Al Muslim yang tergabung di Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Nama produknya, pembersih tangan Hansalim (Hand Sanitizer SMA Al Muslim) dan sabun cuci tangan Handshoapim (Hand Shoap SMA Al Muslim).

"Karya siswa Al Muslim ini bakal diproduksi lebih banyak lagi karena permintaan hand sanitizer (pembersih tangan) dan hand shoap (sabun pembersih tangan) meningkat seiring pencegahan virus Corona," cetus Humas Al Muslim, Azam Afian Dinata, Senin, (9/3).

Dua produk kesehatan hasil karya siswa KIR SMA Al Muslim tersebut kini juga terus disosialisasikan di lingkungan civitas sekolah Al Muslim.

BACA JUGA : 

Ini Perbedaan Virus Flu, Flu Burung, dan Covid! Perlu Vaksin Antibodi dan Proteksi Bodi

Jelang Lebaran, Smamda Sidoarjo Bagikan Ratusan Bingkisan ke Warga Sekitar Sekolah

Berbagi saat Pandemi, Yayasan Al Muslim Bagikan 1.238 Sembako secara Drive Thru

SDN Barengkrajan 1 Krian Berharap Tambahan Ruang Kelas

Tidak hanya sekedar dipamerkan, produk tersebut cara pembuatannya dipraktekkan dan digunakan oleh masing-masing kelas dan setiap ruangan di SMA Al Muslim.

Produk sebagai upaya mencegah virus Corona itu, diantaranya sempat dipamerkan saat SMA Al Muslim menggelar sosialisasi pencegahan virus Corona, bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair), Jumat (6/3) lalu.

Siswa kelas X IPA, Fikri yang juga anggota KIR, bercerita, ide pembuatan Hansalim dan Handshoapim tersebut berawal saat SMA Al Muslim menggelar acara berbagi makanan gratis di sejumlah rumah sakit di kawasan Kecamatan Waru.

"Saat itu kami melihat di sejumlah sudut ruangan rumah sakit ada Hand Sanitizer untuk membersihkan tangan. Dari situlah kelompok KIR lalu mencoba membuat Hand Sanitizer dan Hand Soap," beber Fikri.

Kepala SMA Al Muslim, Mahmudah menyatakan, penting untuk mencegah dan melindungi civitas Al Muslim melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari virus yang berbahaya tersebut.

Kata Mahmudah, penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan diri dari virus apapun terutama dengan pola hidup sehat. Maka dari itu, pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak usia dini agar terbiasa dengan hidup sehat. (sta/dur)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...