Berkat Sinergi Gudang Garam dan Kodim, Kebutuhan Air Warga Lereng Kelud Kembali Terpenuhi

Berkat Sinergi Gudang Garam dan Kodim, Kebutuhan Air Warga Lereng Kelud Kembali Terpenuhi Wakil Manager PTPN XII Ngrangkah Pawon Tatang Setiawan (kiri ke kanan), Public Relation (PR) Manager PT Gudang Garam Tbk Iwhan Tri Cahyono, Dandim Kediri Letkol Kav. Dwi Agung, Kades Satak Linawati, Kades Puncu Hengki Dwi Setiawan. (foto: MUJI HARJITA/ HARIAN BANGSA).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kegiatan revitalisasi sarana air bersih berupa tandon dan perbaikan pipa saluran air yang dilakukan Tbk bersama TNI/Kodim 0809 Kediri dan PTPN XII Ngrangkah Pawon di Damarwulan, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, akhirnya selesai.

Perbaikan ini dilakukan karena sarana air bersih di Damarwulan mengalami kerusakan akibat letusan Gunung Kelud terakhir, mengakibatkan debit dan kualitas air menurun.

Tandon sarana air dan saluran air bersih ini terletak di Damarwulan, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Selama ini, tandon yang menghidupi 2.822 kepala keluarga (KK) tersebut cukup memprihatinkan.

Totalnya ada 4 tandon yang direvitalisasi, masing-masing tandon memiliki daya tampung air sebanyak 63,65 M³, 140 M³, 13,73 M³ dan 0,24 M³. Untuk panjang pipa distribusi air bersih terhitung dari tandon no 1 (paling bawah) ke area lokasi pemukiman penduduk terdekat, tidak termasuk area perumahan karyawan perkebunan afdeling Damarwulan diperkirakan sekitar kurang lebih antara 1 s/d 1,5 km.

Public Relation (PR) Manager Tbk, Iwhan Tri Cahyono menjelaskan, kegiatan revitalisasi sumber air ini merupakan wujud kepedulian Tbk bersama Kodim 0809 Kediri dan PTPN XII Ngrangkah Pawon terhadap kondisi warga yang sangat membutuhkan pasokan air bersih, terutama lokasi rumah warga yang berada di lereng Gunung Kelud.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua dan tim yang bertugas dalam kurun waktu 2,5 bulan telah diselesaikan perbaikan 4 tandon bak penampung air, dengan kapasitas total kurang lebih 220 meter kubik air, yang semuanya berada di wilayah Afdeling Damarwulan, Desa Puncu, Kecamatan Puncu," jelas Iwhan Tri Cahyono, Jumat (6/3/2020).

Dalam kesempatan itu Iwhan juga berharap dengan diperbaikinya tandon bak penampung air ini, akan meningkatkan kualitas air bersih dan memperlancar alirannya sampai ke rumah warga, khususnya bagi 2.822 KK yang berada di 7 dusun di Desa Puncu dan Desa Satak, Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Dandim 0809 Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno menjelaskan, kegiatan karya bakti TNI bersama PT. Gudang Garam, PTPN XII dan masyarakat Puncu dalam rangka revitasisai air bersih diharapkan dapat meningkatkan debit air yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat sekitar.

"Semoga wilayah yang menggantungkan kebutuhan air bersih dari sumber air di puncak gunung, melalui pipanisasi dan penampungan air, bisa mendapatkan air lebih mudah dan akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Dandim Letkol Kav. Dwi Agung. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO