Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Pj Wali Kota Kediri Harap Bisa Tingkatkan Perekonomian

Tol Kediri-Tulungagung Segera Dibangun, Pj Wali Kota Kediri Harap Bisa Tingkatkan Perekonomian Pj. Wali Kota Kediri Zanariah saat berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di sebuah acara. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tidak lama lagi akses dari dan ke Kota Kediri akan lebih mudah lagi. Pasalnya, pembangunan -Tulungagung resmi akan digarap oleh , Tbk. melalui anak usahanya PT. Surya Sapta Agung Tol.

Pembangunan tersebut dilakukan melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atas prakarsa pihak swasta (unsolicited).

Rencananya, pembangunan tol ini mulai konstruksi pada kuartal II-2024, dilanjutkan dengan main road yang akan menghubungkan Kediri-Mojo-Tulungagung dan beroperasi pada kuartal III-2025.

Sebelum rencana tahapan pembangunan itu dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT), perjanjian regres, dan perjanjian penjaminan Jalan - Tulungagung yang disaksikan secara langsung oleh Basuki Hadimuljono, Selasa (27/2/2024) lalu.

Perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) tersebut melibatkan pihak pemrakarsa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Jalan -Tulungagung ini akan dibangun sepanjang 44,17 km, terdiri dari akses Bandara Dhoho Kediri sepanjang 6,82 km dan main road sepanjang 37,35 km, termasuk jalan akses. Jumlah lajur yang dimiliki jalan tol ini adalah 2x2 dan 4 simpang susun yang berada di Bulawen, Kediri, Mojo, dan Tulungagung.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO