Banser Makin Diminati, Mulai Putra Presiden Hingga Remaja Putri

Banser Makin Diminati, Mulai Putra Presiden Hingga Remaja Putri Peserta Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) yang dilaksanakan oleh GP Ansor Kota Surabaya di Ponpes Al Fatich, Benowo, belum lama ini. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Barisan Serbaguna (Banser) adalah kader inti dari Gerakan Pemuda . Di masa lalu, Banser sempat dipandang angker karena sejarah di tahun 1965. Kala itu Banser berhadap-hadapan, bahkan saling bunuh dengan anggota PKI dan simpatisannya.

Banser juga sempat dipandang sebelah mata dan menjadi sasaran bully di media sosial (medsos). Namun perlakuan itu tak menyurutkan eksistensi Korp Banser. Bahkan dari hari ke hari, minat menjadi Banser semakin tinggi.

Mulai orang tua hingga generasi milenial bergabung menjadi Banser. Para remaja putri juga tak sungkan bergabung dengan korp yang sering diplesetkan dengan TNU atau Tentara Nahdlatul Ulama.

Terbaru, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka pun bergabung menjadi Anggota Banser. Gibran menjadi anggota Banser setelah mengikuti Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser di Solo.

"Hampir setiap bulan ada rekrutmen anggota dan Banser di setiap Kabupaten maupun Kota. Peminatnya pun selalu membludak. Padahal menjadi anggota -Banser tak gampang, harus melalui pelatihan atau diklat," terang Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP , Gus Abid Umar Faruq, Senin (24/2).

Ketua GP Kota Surabaya, H. M. Faridz Afif mengakui, setiap GP Surabaya membuka rekrutmen anggota Banser tak pernah sepi peminat. Justru pihaknya harus membatasi kuota pendaftaran karena membeludaknya peminat. Rata-rata ada 200 peserta diklatsar dalam setiap angkatan.

Pria yang akrab disapa Gus Afif ini menjelaskan, tak hanya minat menjadi anggota baru yang tinggi. Semangat anggota Banser aktif untuk mengikuti jenjang pendidikan pun sangat tinggi. Contohnya belum lama ini, GP Surabaya melaksanakan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) yang merupakan jenjang pendidikan lanjutan setelah Diklatsar.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO