Digagas Edy Rumpoko, Warga Kota Batu Bentuk Koperasi ATR

Digagas Edy Rumpoko, Warga Kota Batu Bentuk Koperasi ATR Ketua Koperasi Among Tani Rakyat (ATR), H. Sinal Abidin, S.Sos., M.M. saat menjelaskan program kerja koperasi di hadapan anggota, Jumat (7/2) malam.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menyikapi pesatnya industri pariwisata di , tokoh masyarakat bersepakat membentuk koperasi yang diberi nama Koperasi Among Tani Rakyat (ATR). Pembentukan koperasi ini merupakan buah gagasan mantan Wali , H. Edy Rumpoko.

"Awalnya pembentukan koperasi digagas oleh Pak Edy Rumpoko. Dibentuknya koperasi ATR ini bertujuan untuk meningkatkan produksi UMKM dan semua potensi di , termasuk hasil pertanian. Tentu semua ini nanti bermuara pada peningkatan ekonomi rakyat," ujar Ketua Koperasi ATR, H. Sinal Abidin, S.Sos., M.M. di sela acara rapat penyusunan pengurus Koperasi ATR di sekretariat Among Tani Foundation , Jumat (7/2) malam.

Sinal Abidin yang juga mantan Kadis Pariwisata menjelaskan, saat ini akte pendirian koperasi dan AD/ART sudah dalam proses di Notaris Yenni Prastiwi. Koperasi ATR sendiri berdomisili di Jalan Hasanudin 22, Kelurahan Pesanggrahan.

Sedangkan visinya ATR menjadi koperasi produsen yang mampu memproduksi dan atau menampung hasil produksi anggota yang selanjutnya mendistribusikan produk, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Ya, koperasi Among Tani Rakyat merupakan koperasi yang bergerak di bidang produksi, jasa, dan perdagangan. Untuk unit produksi terdiri dari produksi olahan susu, produksi UMKM, produksi peternakan, dan produksi pertanian. Sedangkan unit jasa meliputi unit transportasi wisata dan jasa wisata, serta jasa transportasi pengiriman barang," jelasnya.

Menurutnya, maju tidaknya koperasi bukan karena pengurus, tetapi karena keterlibatan aktif seluruh anggota dalam memajukan koperasi.

"Koperasi bisa berjalan jika ada kerjasama dan sama-sama kerja dari seluruh anggota. Itulah koperasi," ujar mantan Kadis Koperasi, Perdagangan, dan UMKM ini.

Koperasi Among Tani Rakyat juga berencana akan memproduksi air kemasan. Untuk distribusinya, koperasi akan bekerja sama dengan Pemkot Batu agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggunakan air kemasan produksi Koperasi Among Tani Rakyat. (asa/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO