Dinkes Sumenep Imbau Warga Tak Perlu Panik Soal Virus Corona

Dinkes Sumenep Imbau Warga Tak Perlu Panik Soal Virus Corona Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumenep Kusmawati.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep mengajak dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik atau khawatir berlebihan terhadap isu merebaknya virus corona yang banyak menyebar di negara Cina dan menjadi isu dunia. Bahkan, di Kabupaten Sumenep sudah membentuk Tim Kesehatan yang meliputi dari Dinas Kesehatan, Polres Sumenep dan Kodim 0827 Sumenep.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kusmawati mengungkapkan agar masyarakat tidak perlu khawatir. Terlebih hingga panik dengan simpang siurnya informasi, baik di media sosial maupun media pemberitaan lainnya. 

“Masyarakat tidak perlu panik, namun yang perlu dilakukan masyarakat, bisa mencari tahu gejala adanya virus corona tersebut, agar bisa dihindari maupun melaporkannya ke puskesmas terdekat, apabila menemui gejalanya,” ungkap Kusmawati, Rabu (05/02).

Menurutnya, hingga saat ini Kabupaten Sumenep masih aman dari virus corona. Bahkan pihaknya bersama tim terkait sudah melakukan pemantauan dan pengawasan hingga dua puluh hari ke depan terhadap salah seorang mahasiswa penerima beasiswa di Cina asal Sumenep yang pulang karena kekhawatiran terhadap virus corona tersebut.

Masyarakat, kata Kuswati juga penting mengetahui gejala dini seseorang terinfeksi virus berbahaya tersebut, seperti demam tinggi, batuk, pilek, sesak nafas, bahkan bernapas sangat berat, sehingga menyebabkan lemas dan sebagainya. 

“Namun, meskipun gejala itu terjadi, belum tentu salah satu gejala virus corona, sehingga perlu pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Jadi, masyarakat tidak perlu stres berlebihan, karena akan memicu stressor kita naik, yang mengakibatkan daya tahan tubuh melemah dan akibatnya segala bentuk kuman bisa masuk,” terangnya.

Sedangkan, upaya kesehatan lainnya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, yakni dengan selalu melakukan pola makan yang seimbang. Seperti ikan, sayur, buah, dan membiasakan hidup sehat dengan cuci tangan sebelum dan sesudah makan. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO