Rabu, 28 Oktober 2020 10:25

​Kang Irwan: Gus Sholah adalah Pelita Bangsa

Senin, 03 Februari 2020 22:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Kang Irwan: Gus Sholah adalah Pelita Bangsa
Kang Irwan (dua dari kanan shaf pertama) ikut mensalatkan jenazah Gus Sholah di masjid komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wafatnya KH. Salahuddin Wahid atau Gus Sholah pada Ahad (2/2) membuat publik kehilangan. Sebab sosok Gus Sholah adalah panutan bagi bangsa ini. Sikapnya selalu konsisten dalam moderasi. 

Ia adalah teladan dalam kehidupan berdemokrasi. Pilihannya selalu didasarkan pada objektivitas, rasionalitas, dan kemaslahatan bagi ummat, bangsa, dan negara.

Ketua Umum DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan menuturkan, Gus Sholah adalah rujukan bagi PKS Jatim dalam membangun bangsa. Bagi PKS, Gus Sholah adalah pelita bangsa.

"Kami selalu sowan kepada beliau. Sebelum pemilu lalu kami bersama Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim mendengarkan pandangan-pandangan dan masukan beliau. Dan itu sangat mencerahkan. Beliau seperti pelita bangsa yang menerangi kegelapan. Kami pegang nasihat-nasihat beliau sampai sekarang," ujar politikus PKS yang akrab disapa Kang Irwan itu, Senin (3/2).

Irwan mengungkapkan, saat Haul Gus Dur di 21 Desember 2019 lalu, Gus Sholah juga dengan pandangannya yang jernih, memberikan sambutan pada Seminar Nasional di Pesantren Tebuireng tersebut.

"Saat itu Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf didapuk menjadi salah satu pembicara oleh beliau. Sebelumnya kami pun bercengkerama di kediaman. Dan mendengarkan wejangan-wejangan beliau. Kami tak menyangka itulah saat terkhir kami bertemu," kenang Irwan saat ditemui usai melaksanakan shalat jenazah di Tebuireng yang diimami oleh KH Fahmi Amrullah Hadzik (Gus Fahmi). 

Tampak pula mendampingi Wakil Ketua Umum DPW PKS drh. Suhartono, juga para pengurus DPW dan DPD PKS Jombang.

Sementara itu, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menilai Gus Sholah adalah seorang ulama', kyai yang tawadlu' karena bisa diterima semua kalangan.

"Tak hanya kalangan umat Islam tapi seluruh Indonesia. Karena kita bagian dari negeri ini maka kita kehilangan tokoh bangsa dan panutan," kata Sohibul saat takziah di kediaman Gus Sholah di Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan, Senin (3/2).

"Kebetulan dua bulan lalu saya ke sini (rumah Gus Sholah), ngobrol dengan beliau. Kesan yang paling dalam adalah beliau bukan hanya memiliki pemahaman agama yang luar biasa. Melainkan juga wawasan kemasyarakatan, wawasan ilmu yang sangat luar biasa. Yang keluar dari beliau itu selalu memberikan hikmah yang luar biasa. Buat kami, kami merasakan ini sebagai pelita di dalam perjalanan kami," kata Sohibul menambahkan.

Nampak pula bertakziah, Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufri. Sementara Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid ditunjuk untuk memimpin do'a di depan jenazah sebelum jenazah Gus Sholah diberangkatkan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2). Jenazah diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdanakusumah, Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

"Doa kita pasti sama, mendoakan beliau agar husnul khatimah, keluarga diberikan ketabahan dan kita bisa melanjutkan perjuangan beliau," tutur wakil ketua MPR RI ini. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...