Rabu, 12 Agustus 2020 12:47

Oknum Ojol di Jember yang Lakukan Pelecehan Seksual Langsung Putus Mitra

Jumat, 31 Januari 2020 18:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Oknum Ojol di Jember yang Lakukan Pelecehan Seksual Langsung Putus Mitra
Bukti laporan korban dugaan kasus pelecehan seksual ke Polres Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum driver ojek online (ojol) Nurul Hidayat warga Kecamatan Rambipuji, mendapat tanggapan tegas dari PIC Grabbike Jember, Ade Wirawan Yulianto.

Oknum ojol itu langsung diputus mitra terkait kasus yang dialami korban NV (27) warga Kecamatan Jombang, Jember, Jawa Timur.

"Bahkan tidak bisa untuk bergabung kembali dengan pihak kami jika mendaftar ulang. Karena database kita berdasarkan NIK adminduk. Jadi kalau sudah menyalahi aturan, apalagi soal pelecehan seksual, itu fatal sudah," kata pria yang akrab dipanggil Ade ini saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (31/1/2020) sore.

Korban yang notabene sudah melapor ke pihak berwajib akan menjadi atensi, dan oknum ojol tersebut tidak mendapat dispensasi apapun dari pihak Grabbike. "Hal ini langsung kami laporkan ke pusat dan menjadi perhatian serius kami, jangan sampai terulang kembali. Karena bagi kami pelayanan konsumen nomor satu," ungkapnya.

Terkait bagaimana memberikan pelayanan terhadap konsumen, Ade menjelaskan, mitra yang tergabung dengan pihaknya, selalu mendapat pelatihan khusus. "Bagaimana memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen, secara online pelatihannya, dan mengisi pertanyaan sebagai tes tulisnya. Jika tidak mengikuti, wajib ikut pelatihan offline di Surabaya. Jika tidak, ya putus kontrak," ungkapnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, Pembina Solid (Solidaritas Ojol Independent) Agusta Jaka Purwana mengaku prihatin dengan kasus yang dialami korban, dan oknum ojol yang terlibat.

"Saat saya koordinasi dengan Ketua Komunitas mengenai informasi ini, oknum ojol yang terlibat bukan anggota komunitas kami. Tapi meski demikian, kami prihatin terhadap kasus dugaan pelecehan seksual ini," kata Agusta.

Menurutnya, driver ojol cukup berkomunikasi yang baik terkait pelayanan profesinya, dan bukannya kemudian melanggar batas privasi dari konsumen. "Meskipun melalui chat WhatsApp kalimat yang tidak senonoh itu, tidak seharusnya dilakukan. Karena itu batas privasi konsumen. Hal ini semoga menjadi hikmah bagi banyak pihak," ungkapnya.

Pria yang juga anggota DPRD Jember ini berharap, adanya persoalan ini tidak sampai menjadikan masyarakat alergi menggunakan moda transportasi online. "Dengan kejadian ini, saya berharap bisa menjadi perbaikan terutama bagi pihak driver sendiri, untuk menjaga komunikasi yang santun, dengan konsumen. Sehingga konsumen merasa nyaman dengan pelayanan teman-teman ojol," tuturnya. (ata/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...