Sabtu, 04 April 2020 22:58

Tertibkan Penambangan Ilegal, DPRD Mojokerto Kunjungi Biro Hukum Pemprov Jatim

Rabu, 08 Januari 2020 18:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Tertibkan Penambangan Ilegal, DPRD Mojokerto Kunjungi Biro Hukum Pemprov Jatim
DPRD Kabupaten Mojokerto saat melakukan pemantauan langsung dampak dari Galian C ilegal.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Langkah proaktif terus dilakukan oleh DPRD Kabupaten Mojokerto dalam mengatasi maraknya bisnis pertambangan yaitu galian C ilegal yang telah menyalahi aturan dan menyebabkan kerusakan lingkungan ini.

Berbagai upaya sudah dikerjakannya dalam rangka penertiban secara menyeluruh terhadap bisnis pertambangan ilegal yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Baru-baru ini, Komisi III DPRD Kabupaten Mojokerto melakukan kunjungan ke Biro Hukum Propinsi Jawa Timur. Dipimpin langsung oleh Hj Ayni Zuhro SE, mereka berkonsultasi terkait bisnis penambangan ilegal galian C yang berdampak kerusakan hebat pada lingkungan. 

DPRD Kabupaten Mojokerto juga mendorong kepada Pemprov Jatim untuk lebih memberikan kewenangan monitoring secara menyeluruh kepada dewan dan pemerintah daerah terhadap aktivitas pertambangan. 

"Rencananya, setelah melakukan konsultasi dengan Biro Hukum Pemprov Jatim, DPRD segera menindaklanjuti dan melakukan koordinasi dengan Forkopimda untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka penertiban aktivitas penambangan galian C yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Mojokerto, dalam rangka untuk mengoptimalisasi PAD dari sektor Minerba," ungkap Ayni Zuhro, Rabu (8/1).

Ayni juga berharap ada sidak bersama Pemprov Jatim dan pemda, serta membuat perda perlindungan lingkungan. Aturan pertambangan muncul didahului dengan adanya kegiatan penambangan yang bisa menimbulkan perubahan kondisi lingkungan. 

Menurutnya, pembuatan perda perlindungan lingkungan serta pro aktifnya Pemprov Jatim dalam membantu pemda untuk mengatasi penambangan ilegal galian C, akan dapat mencegah terjadinya bencana longsor, banjir, dan kerusakan ekosistem, serta rusaknya jalan.

"Sebelumnya, para anggota dewan sudah.melakukan sidak maupun pemantauan terhadap semua aktivitas penambangan galian C yang ada di Kabupaten Mojokerto selama tiga bulan. Dalam hati kita seraya menangis, melihat langsung kerusakan alam lingkungan akibat aktivitas galian C ilegal," ungkapnya. (ris/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...