Selasa, 26 Mei 2020 06:48

Lokasi Proyek Normalisasi Sungai Unut Tersumbat Sampah, Polisi Turun Tangan

Senin, 06 Januari 2020 15:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Lokasi Proyek Normalisasi Sungai Unut Tersumbat Sampah, Polisi Turun Tangan
Polres Blitar didampingi petugas gabungan saat kerja bakti membersihkan sampah yang menyumbat lokasi normalisasi Sungai Unut.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Lokasi proyek normalisasi sungai Kedut Unut di Kecamatan Sutojayan tersumbat sampah. Akibatnya,  pengerjaan proyek yang sempat ditinjau Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu ini pun terhambat.

Guna kelancaran proyek, polisi dan gabungan dari TNI, BPBD, dan Tagana membersihkan sampah yang terbawa arus sungai, Senin (6/1/2020). Banyaknya volume sampah sempat membuat petugas kewalahan. Hingga harus menurunkan satu alat berat untuk mengeruk sampah.

"Di sungai Unut ini adalah titik pertemuan air kiriman dari Wonotirto dan Panggungrejo ke wilayah Sutojayan. Kalau proyek ini belum selesai langkah pertama yang harus kita ambil di musim penghujan ini adalah membersihkan sampah. Sehingga sampah yang terbawa air kiriman ini tidak akan terseret dan menyumbat lagi sungai yang dinormalisasi sehingga menyebabkan banjir," ungkap Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto.

Dia menambahkan, aksi bersih-bersih sungai ini merupakan inisiatif dari Polres Blitar. Setelah sebelumnya Kapolres Blitar meninjau wilayah langganan banjir tersebut dan menemukan adanya tumpukan sampah yang berpotensi menjadi masalah ketika ada luapan air. Saat ditemukan tumpukan sampah pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait. Namun, karena tidak ada respons, pihaknya berinisiatif mengajak jajaran samping melakukan pembersihan.

"Kami sudah sempat ke sini sebelumnya. Namun, ternyata hingga sekarang kami cek belum ada yang tergerak sehingga kami berinisiatif melakukan pembersihan," tegasnya.

Meski belum diketahui secara pasti volume sampah yang menyumbat aliran sungai, namun dipastikan untuk memuat sampah tersebut diperlukan puluhan truk. "Kalau volume pastinya kita tidak bisa ukur. Namun, kemungkinan butuh sekitar 10 truk untuk mengangkut sampah ini," tandas Kapolres.

Pada musim hujan tahun lalu, meski sudah mulai dinormalisasi, aliran Sungai Unut kembali meluber saat hujan deras. Luberan ini disebabkan karena adanya material proyek normalisasi di Kali Unut yang bebrcampur sampah belum dipinggirkan. Sehingga membuat air meluber dan menggenangi permukiman saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Untuk diketahui proyek normalisasi sejumlah sungai di Kecamatan Sutojayan ini dimulai sejak 2018.

Normalisasi dilakukan karena terjadi pendangkalan yang disebabkan adanya lapisan tanah dan lumpur yang tergerus hujan dari wilayah Wonotirto dan Panggungrejo meluncur ke bawah bermuara di aliran Sungai Unut.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...