Kali Lamong Meluap, Ratusan Rumah Warga Gresik Selatan Mulai Terendam

Kali Lamong Meluap, Ratusan Rumah Warga Gresik Selatan Mulai Terendam Kendaraan menerobos jalan yang terendam luapan Kali Lamong. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kali Lamong yang membentang di wilayah Gresik Selatan mulai meluap, Rabu (1/1) pagi. Ratusan rumah di sejumlah desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang tampak mulai terendam.

Menurut keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito, sejumlah desa di Kecamatan Benjeng yang telah terendam banjir di antaranya, Desa Sedapurklagen, Deliksumber, Kedungrukem, Munggugianti, dan Lundo.

"Sementara di Kecamatan Balongpanggang yang terendam di antaranya, Desa Wotansari, Desa Banjaragung, Desa Sekarputih dan Desa Pucung. Ketinggian air antara 20-70 cm," ujar Tarso Sagito kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (1/1).

Selain rumah, luapan Kali Lamong juga merendam sedikitnya 75 hektare area persawahan. "Juga merendam jalan kabupaten, jalan poros desa dan jalan lingkungan," terangnya.

Tarso mengungkapkan, kondisi air Kali Lamong saat ini terus naik. Ia memperkirakan rumah, sawah, hingga jalan yang terendam akan terus bertambah.

Adapun langkah yang dilakukan BPBD, tambah Tarso, dengan melakukan pendataan para korban dan telah mengirimkan bantuan. Di antaranya, berupa sembako. 

"Kami juga tengah menyiapkan perahu karet, dan tenda pengungsian untuk antisipasi evakuasi korban bencana banjir. Kami mengimbau kepada kepala desa dan camat intens mengabarkan kondisi wilayahnya yang terkena banjir," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO