Pemuda Lintas Agama Ikut Forpimda Kunjungi Gereja di Malam Natal

Pemuda Lintas Agama Ikut Forpimda Kunjungi Gereja di Malam Natal Bupati Blitar Rijanto saat menyampaikan sambutan di Gereja Katolik Maria Fatima.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Para pemuda lintas agama ikut serta rombongan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten mengunjungi sejumlah gereja saat pelaksanaan misa malam Natal, Selasa (24/12/2019) malam. Dalam rombongan tampak perwakilan pemuda dari Ikatan Pelajar NU, Ikatan Pelajar Putri NU, GMNI, PMII, HMI, serta tokoh pemuda Konghucu, Budha, dan Hindu.

Mereka datang bersama Kapolres AKBP Budi Hermanto, Dandim 0808 Letkol Inf Kris Bianto, dan Bupati Rijanto. Gereja pertama yang dituju rombongan adalah Gereja Katolik Maria Fatima, Garum.

"Toleransi agama ini sudah ada sejak dulu. Harus tetap kita pupuk. Untuk itulah, hari ini kami mengajak pemuda dan tokoh lintas agama untuk ikut mengunjungi saudara kita yang sedang merayakan Natal. Nanti kalau ada agama lain merayakan hari rayanya, kami juga akan ajak umat Nasrani ikut berpartisipasi," ungkap Bupati Rijanto.

Sementara Kapolres AKBP Budi Hermanto mengatakan jika pihaknya tidak akan memberi ruang kepada para pelaku intoleransi.

Dibanding melakukan tindakan yang mengganggu kekhusyukan, pihaknya justru mengimbau untuk ikut serta membantu pengamanan saat Natal dan Tahun Baru. "Kami tidak akan memberi ruang pada tindakan intoleransi," tegas Budi Hermanto.

Hal senada diungkapkan Dandim 0808 Letkol Inf Kris Bianto. Pihaknya mengaku terus melakukan pemantauan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. "Kami berharap semua pihak bisa saling toleransi bersama-sama kita jaga persatuan Bhinneka Tunggal Ika," tutur Kris Bianto.

Kedatangan rombongan Forpimda dan pemuda lintas agama ini disambut hangat jemaat Gereja Katolik Maria Fatima. Bahkan, jemaat yang hadir menjawab dengan kompak salam yang diucapkan bupati di akhir sambutanya.

"Kami sangat senang, bangga dan berbahagia. Pada momen perayaan Natal ini bukan hanya pemerintah tapi saudara kami dari lintas agama ikut hadir," ungkap Bagyo Ismanto, ketua panitia Misa Natal di Gereja Katolik Maria Fatima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO