Kunker di Jatim, Komisi IV DPR RI Ajak Pemprov Sinkronisasi Program

Kunker di Jatim, Komisi IV DPR RI Ajak Pemprov Sinkronisasi Program Audiensi rombongan Komisi IV DPR RI yang dipimpin H. Hasan Aminuddin bersama Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak yang didampingi sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemprov Jatim. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk sinkronisasi dalam rangka percepatan menjawab keluhan masyarakat. Salah satunya terkait pertanian dan kemaritiman.

Dalam kunker di Jatim, rombongan Komisi IV yang dipimpin Hasan Aminuddin itu juga beraudiensi dengan Pemprov Jatim yang diwakili Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak. Wakil Ketua Komisi IV , Hasan Aminuddin mengungkapkan kehadiran pihaknya untuk melakukan sinergisitas dan sinkronisasi program.

"Jatim mayoritas rakyatnya petani dan nelayan. Pimpinan Komisi IV dan anggota yang notabene juga berangkat dari Jatim ingin sama-sama menemukan solusi atas permasalahan atau keluhan masyarakat. Apalagi kami ini punya hak budgeting sehingga bisa membantu pemerintah daerah lewat APBN," kata eks Bupati Probolinggo dua periode itu kepada wartawan di kantor Gubernur Jatim, Kamis (19/12).

Hasan melanjutkan, percepatan itu salah satunya melalui kebijakan bersama. Menurutnya, hal ini yang diperkuat dengan APBD kabupaten dan kota, APBD provinsi dan APBN yang dibawa oleh dari Jatim.

Hasan menyontohkan salah satu keluhan adalah banyaknya komoditas perkebunan dan kelautan yang bisa diekspor.

"Ini sebagai jawaban atas isu yang tidak nyaman, Indonesia selalu disampaikan pengamat yang tidak paham bahwa Indonesia identik dengan negara importir hasil pertanian dan kemaritiman. Padahal, kita sering melakukan ekspor, namun tidak terdengar oleh masyarakat," tegasnya.

Beberapa waktu lalu, pihaknya pun memimpin pelepasan ekspor kopi ke Amerika dan sarang burung ke Taiwan serta Eropa.

"Percepatan salah satunya, kalau ingin mensejahterakan rakyat dari sisi peternakan, kita buat kandang kolektif, seperti di Probolinggo dapil saya, Nestle membeli susu sapi ke petani. Ini contoh sinergisitas yang menguntungkan," imbuh Hasan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO