Air Bengawan Solo Jadi Hitam Pekat, Warga Gresik Utara Minta Pemkab Bertindak

Air Bengawan Solo Jadi Hitam Pekat, Warga Gresik Utara Minta Pemkab Bertindak Kondisi air Sungai Bengawan Solo yang berubah warna jadi hitam. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo di wilayah Utara resah. Pasalnya, air sungai terpanjang di pulau Jawa ini beberapa hari terakhir berubah warna menjadi hitam pekat. Mereka takut air tersebut beracun, sehingga berbahaya kalau dikonsumsi.

Kepala Desa Baron Kecamatan Dukun, Nurul Yatim membenarkan, kalau air sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayahnya saat ini berubah warna jadi hitam pekat. "Air Bengawan Solo saat ini berubah warna hitam pekat," ujar Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (12/12).

Ia menduga air Bengawan Solo tercemar dari hilir. Meski begitu, warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo hingga kini tetap mengonsumsi air tersebut. 

"Warga ada yang mengonsumsi untuk air minum dan pertanian. Hal ini mengingat musim kemarau panjang ini warga kesulitan mendapatkan air," ungkap Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten ini.

Nurul Yatim meminta Pemkab tanggap melihat kondisi ini dan segera menurunkan tim untuk mengecek kondisi air. Ia meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) turun untuk menguji air tersebut. Sehingga, bisa diketahui masyarakat layak konsumsi atau tidak air tersebut. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO