Setahun Air Tak Ngalir, Protes Pelanggan PDAM Gresik Terus Bermunculan

Setahun Air Tak Ngalir, Protes Pelanggan PDAM Gresik Terus Bermunculan Para pelanggan menunggu pelayanan di Kantor cabang PDAM Gresik, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Satu per satu pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gresik menyampaikan keluhannya terkait distribusi air yang ngadat. Ada yang sudah 4 hari tak mengalir, ada yang 3 bulan, bahkan ada yang sudah berjalan setahun air tak menetes.

Khalid, salah satu pelanggan PDAM Gresik mengaku bahwa distribusi air ke Jalan KH. Kholil 17 A Dusun Blandongan, Desa Kemuteran, Kecamatan Gresik sudah macet hampir setahun belakangan. "Banyak pelanggan yang tak keluar airnya. Ancer-ancernya sebelah Masjid Jama'atul Ikhwan, ada kampung langsung masuk ke Utara," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (11/12).

Jhonis, pelanggan lain, mengaku air PDAM sudah 4 hari tak mengalir ke rumahnya. "Di Gresik Kota, jalan Jaksa Agung Suprapto," katanya mengungkap alamat rumahnya.

Untuk kebutuhan air, dia harus beli air jerigen yang dijual penjual keliling. "Terkadang terpaksa harus mandi di kantor kalau air tak ada," ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan Rosyidi, pelanggan PDAM warga Jalan Akim Kayat. Menurutnya, sudah 3 bulan air PDAM tak mengalir.

Agus, warga lainnya, bahkan mengatakan sudah memutus langganan dengan PDAM karena kecewa dengan pelayannya. Padahal, ia mengaku sudah sejak 10 tahun lalu menjadi salah satu pelanggan PDAM.

"Gangguan terus. PDAM yang ke rumahku sadah tak putus 10 tahun yang lalu. Saya lalu buat sumur sendiri, aman hingga sekarang," katanya.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Gresik, Siti Aminatus Zuriyah mengaku telah berupaya maksimal untuk menindaklanjuti keluhan pelanggan soal tidak mengalirnya air. Namun demikian, ia mengakui upaya tersebut belum memberikan hasil maksimal.

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang menyebabkan terganggunya distribusi air. Salah satunya, disebabkan sering terjadinya pemadaman listrik dan kerusakan pipa.

Namun demikian, Riza -sapaan Dirut PDAM- mengaku terus berupaya maksimal untuk mencarikan solusi agar air bisa sampai ke pelanggan. "Saya minta pelanggan yang airnya tak mengalir membuat pengaduan dengan alamat lengkap sehingga bisa cepat ditindaklanjuti," katanya. (hud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO