Perkuat Ketahanan Pangan, Wabup Tuban Tekankan Aksesibilitas dan Keterjangkauan

Perkuat Ketahanan Pangan, Wabup Tuban Tekankan Aksesibilitas dan Keterjangkauan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Dewan Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tuban menyelenggarakan rapat pleno Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban di Gedung Korpri, Kamis (5/12).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyampaikan, Ketahanan Pangan tidak luput dari Ketersediaan Pangan, Aksesibilitas, dan Keterjangkauan. “Keterjangkauan sangat berkaitan erat dengan distribusi pangan terhadap masyarakat miskin, mengingat angka kemiskinan di Tuban berada diangka 15,31 persen,” jelasnya.

Selama ini, Kabupaten Tuban sendiri mengalami surplus produksi padi dan jagung. "Namun, apabila aksesibilitas dan keterjangkauannya tidak memadai maka, akan menimbulkan masalah stunting dan kekurangan gizi bagi masyarakat miskin," katanya

“Guna mengurangi stunting dan gizi buruk pada masyarakat miskin, diharapkan DKP dapat berkoordinasi dan sinkronisasi dengan penyedia pangan seperti petani dan pemilik lahan pertanian,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji mengatakan, tujuan rapat pleno ini adalah untuk memperkenalkan pengertian dan wawasan dewan ketahanan pangan tingkat kabupaten serta memahami tugas pokok dan fungsi anggota Dewan Ketahanan Pangan.

"Peran Ketahanan Pangan ini untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan daerah yang berkelanjutan," tutupnya. (gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO